5 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur, adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklusnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Juga apabila lamanya siklus berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau kadang sedikit, juga menjadi tolak ukur menstruasi tidak lancar.

Related image

http://www.saba.com.mx/menstruacion-irregular/

Apa yang Menyebabkan Menstruasi Tidak Lancar?

Hormon yang tidak seimbang dapat memicu seorang wanita mengalami menstruasi yang tidak lancar. Jika Anda tidak berada di masa pubertas dan tidak mendekati masa menopause, maka hal ini bisa disebabkan oleh kondisi medis lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur, antara lain:

Kehamilan

Image result for haid shutterstock

http://www.duniainformasikesehatan.com/2014/11/

Jika menstruasi Anda terhenti atau terlambat, cobalah melakukan pemeriksaan utnuk memastikan apakah Anda hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG.

Alat kontrasepsi

Image result for pil kb shutterstock

http://health.kompas.com/read/2015/

Menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau sakit perut pada saat menstruasi. Adanya sedikit darah yang keluar pada awal penggunaan pil KB juga mungkin terjadi dan akan berhenti setelah beberapa bulan pertama.

Pola hidup sehari-hari

Image result for pola hidup shutterstock

http://update.ahloo.com/2017/06/05/

Jika Anda melakukan diet atau olahraga yang berlebihan dan berat Anda turun drastis, hal itu bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Tidak hanya perubahan berat badan, stres juga bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda.

Sindrom ovarium polikistik

Image result for menstruasi shutterstock

http://www.tribunnews.com/tribunners/

Adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil didalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang, seperti testosteron yang meningkat melebihi batas normal, yang mana seharusnya wanita hanya memiliki sedikit hormon testosteron. 

Ketidaknormalan juga terjadi pada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan Anda tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit.

Tiroid

Image result for sakit tiroid shutterstock

https://www.merdeka.com/sehat

Pada bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Gangguan pada kelenjar tiroid terkadang dapat memengaruhi menstruasi Anda.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Tag: articles

Akmelia