5 Manfaat Jogging di Pagi Hari

Menjaga kesehatan tubuh adalah kebutuhan yang harus dilakukan oleh setiap orang. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Banyak jenis olahraga yang bisa dicoba. Salah satunya adalah jogging atau olahraga dengan berlari.

Waktu yang paling banyak dipilih untuk melaksanakan jogging adalah pagi hari. Pagi hari dipilih untuk melakukan jogging karena dirasa merupakan waktu yang paling tepat. Pada pagi hari, udara masih belum terlalu panas dan juga masih segar. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah perbukitan atau dataran tinggi, udara pagi pasti sangat menyejukkan. Berikut manfaat yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga stamina tubuh

Related image

http://www.braito.co.id/lifestyle

Ketika tubuh mengalami kelelahan dan penurunan stamina setelah menjalani rutinitas harian, jogging di pagi hari adalah salah satu cara untuk mengembalikan stamina tersebut. Sebuah penelitian di Universitas Georgia mendapatkan sebuah hasil bahwa jogging di pagi hari dapat meningkatkan hingga 65% level energi yang dimiliki. 

2. Menghilangkan stres

Image result for pikiran fresh shutterstock

https://www.dream.co.id

Tahukan Anda jika olahraga dapat meningkatkan mood baik Anda? Ya, dengan melakukan olahraga jogging di pagi hari, mood baik Anda akan selalu terjaga. Saat melakukan jogging dipagi hari, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh yang bertugas sebagai perangsang rasa bahagia sehingga stres yang Anda rasakan akan berkurang. Jogging di pagi hari yang dilakukan bersama-sama dengan sahabat akan lebih memberikan kesan perasaan menyenangkan yang sangat dibutuhkan untuk memulai hari.

3. Memperbaiki nafsu makan

Related image

http://lifestyle.kompas.com/read

Manfaat yang satu ini mungkin sedikit berlawanan dengan program diet yang anda lakukan. Biasanya ketika Anda selesai melakukan jogging di pagi hari, keinginan makan akan meningkat. Hal ini tidak salah jika kita tetap dapat mengendalikan nafsu makan tersebut dalam batas wajar. Bagi anda yang memang mencari cara untuk meningkatkan nafsu makan, mungkin anda bisa memasukakan kegiatan jogging di pagi hari dalam list anda.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Related image

https://www.merdeka.com/sehat

Ketika kita berlari, metabolisme dalam tubuh akan meningkat dan memicu pertumbuhan dari sel sel pelindung tubuh dengan lebih cepat. Sel pelindung tersebut nantinya akan membantu tubuh menangkal serangan virus yang menyerang daya tahan tubuh kita. Oleh karenannya, ketika kita melakukan aktivitas jogging di pagi hari sistem imun akan semakin kuat menjaga tubuh dari serangan penyakit.

5. Menjaga kesehatan jantung

Image result for jantung sehat shutterstock

https://www.meetdoctor.com

Lari pagi memiliki manfaat melancarkan aliran darah. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan berlari sejauh 16 KM dalam seminggu akan menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39% dan gangguan endapan kolesterol bisa dikurangi hingga 34%. Hal ini akan membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Tag: articles

Akmelia