5 Cara Sederhana Buat Otak Lebih Cerdas 

Otak manusia ternyata memiliki potensi kecerdasan luar biasa. Namun sayangnya, tak banyak orang yang menggunakannya dengan maksimal. 

Kabar baiknya, kecerdasan otak bisa diasah. Namun, membuat otak lebih pintar tak melulu harus menjadi kutu buku dan belajar ekstra keras. 

Ada beberapa cara mudah untuk membuat otak lebih pintar dan siap menghadapi berbagai ujian, seperti ujian nasional (UN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), tes kerja, hingga kenaikan pangkat. 

Mengutip Easy Ways ada beberapa cara sederhana untuk membuat otak lebih cerdas dari. Kenyataannya cara ini berhubungan dengan perilaku dan gaya hidup seperti pola makan. 

Berikut beberapa cara mudah membuat otak lebih pintar.

1. Ingatan

Ingatan merupakan salah satu cara penting membuat otak bekerja lebih pintar dan cepat. Membiasakan diri mengingat pelajaran atau informasi baru membuat otak dapat bekerja lebih pintar.

Bagi para pelajar dianjurkan untuk kembali mengulang pelajaran di malam hari dengan membacanya sebelum tidur. Hal ini karena otak memperkuat ingatan saat beristirahat.

Selain itu, ingatan juga dapat dikembangkan dengan pandangan, suara, sentuhan, dan bau. Sehingga lagu atau bau tertentu dapat membuat ingatan bekerja lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan murid belajar lebih cepat saat ada aromaterapi. Hal ini juga dapat membantu saat ujian sehingga otak dapat mengulang ingatan dengan baik.

2. Membuat Asosiasi

Otak dapat menghapal dan mengingat dengan menggunakan tiga konsep yakni asosiasi, imajinasi dan lokasi. Asosiasi merupakan teknik menghubungkan sesuatu hal dengan hal lain, misalnya menggunakan singkatan dan memainkan imajinasi.

Seperti rumus kaba-taku yang merupakan singkatan dari kali atau bagi dan tambah atau kurang. 

3. Makanan Bergizi

Kecerdasan otak juga dapat ditingkatkan dengan memakan makanan bergizi yang kaya akan omega 3 dari minyak ikan, protein dan vitamin B kompleks. Kandungan ini terbukti dapat merangsang otak bekerja lebih baik.

Kandungan ini dapat ditemui ikan, sayuran, alpukat, sereal, beras merah, dan buah-buahan.

4. Meditasi 

Studi dari Cambridge University menunjukkan meditasi dapat membuat otak lebih tajam dan cerdas. Meditasi juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Penilitian itu menyarankan untuk rutin menenangkan pikiran 15 menit setiap hari.

Meditasi ini dapat dilakukan dengan beragam cara seperti mengatur pernapasan, yoga, atau menatap lilin di ruangan yang tenang. 

5. Berhitung dan Membaca

Membiasakan diri untuk berhitung menggunakan otak ketimbang menggunakan kalkulator dapat menjaga otak tetap cerdas. Kebiasaan ini dapat dilakukan sehari-hari seperti menghitung pengeluaran.

Selain berhitung, membaca setiap hari juga membuat otak mendapatkan pengalaman baru dan merangsang untuk tetap aktif. 

Cara lain seperti beristirahat dan tertawa lepas juga dapat menstimulasi otak bekerja lebih pintar dan cerdas.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya