Home ยป 5 cara mencegah penyakit Alzheimer

5 cara mencegah penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang umumnya terjadi pada usia di atas 65 tahun. Penyakit ini menyebabkan menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir serta perubahan perilaku.

Meskipun sampai saat ini belum ada penemuan terapi bahkan obat untuk mencegah timbulnya penyakit alzheimer di dalam tubuh kita akan tetapi ada perilaku gaya hidupsehat dan kebiasaan sehari – hari tertentu agar penyakit alzheimer tidak berkembang di dalam tubuh anda. Menurut seorang peneliti alzheimer dari Rush University Medical School di Chicago mengatakan bahwa gejala Alzheimer dimulai beberapa dekade sebelum penyakit itu muncul dan seharusnya mulailah menjaga kesehatan mulai dari usia 30an.

Tapi perilaku apa yang seharusnya kita lakukan? Meskipun tidak ada jaminan, para ahli percaya bahwa berkonsentrasi pada 5 area berikut memungkinkan anda akan tercegah dari penyakit alzheimer.

  • Atur pola makan Berpegang pada diet sehat dan rendah lemak adalah salah satu cara mencegah datangnya penyakit alzheimer. sebuah penelitian di Harvard meneliti 13.000 wanita berusia 70 tahun dan menemukan bahwa mereja yang banyak mengkonsumsi sayur yang berdaun hijau seperti selada, bayam dan brokoli mengalami tingkat penurunan kognitif lebih lambat daripada mereka yang makan sedikit sayuran. karena kolesterol yang tinggi akan meningkatkan resiko penyakit alzheimer berkembang yang diakibatkan dari arteri yang tersumbat di sekitar jantung yang ujungnya akan menyebabkan pembuluh darah yang rusak di otak
  • Tetap aktif
    Perbanyaklah berjalan kaki dan bergerak karena dapat mencegah demensia dan penyakit alzheimer. sebuah penelitian di Australia yang dikutip dari Journal of American Medical Association menemukan bahwa latihan 6 bulan yang teratur menghasilkan peningkatan fungsi memori dan kognitif pada sekelompok lansia
  • Menjaga berat badan
    Sebuah penelitian menunjukan bahwa diabetes yang berkaitan juga dengan Obesitas akan meningkatkan resiko penyakit Alzheimer dimana hal ini diakibatkan gula darah yang tinggi dan kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu turunkanlah berat badan anda terutama di bagian perut karena itu dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer
  • konsumsi vitamin dan suplemen
    Para ilmuwan mempelajari apakah nutrisi tertentu yang terkandung di dalam suplemen makanan dapat membantu melindungi diri dari penyakit alzheimer atau tidak. Asam folat yang diketahui bisa mengurangi kadar homosistein asam amino, menunjukan beberapa peningkatan kadar homosistein dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan alzheimer.
  • Tetap aktif secara mental
    Melatih pikiran anda adalah salah satu cara termudah untuk mencegah alzheimer. Ilmuwan di Universitas Rush mengatakan bahwa lansia yang tetap aktid secara mental dengan giat membaca, melakukan teka teki silang akan 2x lipat lebih sulit terserang alzheimer. oleh karena itu pergunakanlah otak anda untuk mempelajari informasi baru, memecahkan masalah agar otak anda selalu aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *