5 Cara Ampuh Atasi Masalah Tidur Terlalu Lama 

Tidur terlalu lama atau yang juga dikenal dengan hipersomnia kerap menjadi masalah bagi banyak orang. Mulai dari kesiangan, terlambat hingga masalah kesehatan kerap muncul karena dipicu tidur terlalu lama.

Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu untuk tidur 7-8 jam per hari. Lebih dari itu dapat tergolong sebagai hipersomnia. Cara paling mudah untuk bisa bangun lebih cepat adalah dengan tidur lebih cepat. Namun, seringkali cara ini tak bisa dilakukan karena berbagai alasan.

Jika ini tak bisa disiasati dengan tidur lebih cepat, beberapa cara berikut ini ampuh untuk mengatasi masalah tidur terlalu lama.

1. Jangan Bergantung pada Alarm

Latihlah tubuh akan terbiasa bangun tanpa alarm. Ini dapat dilakukan dengan rutinitas yang teratur seperti membuat tekad untuk bangun pagi dan menghindari tidur lewat tengah malam. Rutinitas ini lambat laut bakal menjadi kebiasaan.

2. Pilih Alarm Tanpa Fitur Snooze

Jika tetap tak bisa tanpa alarm, pilihlah alarm yang tak bisa ditunda-tunda atau di snooze. Biasanya alarm jadul tak punya fitur ini. Suara yang keras dan tak bisa distop dari alarm ini mau tidak mau membuat terbangun dari tidur. Bunyi itu membuat sistem saraf kaget dan terjaga lebih cepat.

3. Siklus 90 Menit

Dilansir dari laporan Elite Daily, dalam tidur dikenal siklus REM yaitu tahapan tidur yang membentuk sekitar seperempat dari total siklus tidur dalam semalam. Jadi, pastikan waktu tidur berdurasi kelipatan 90 menit. Pasalnya, jika berhenti di tengah-tengah waktu 90 menit itu, maka akan membuat tubuh merasa tidak puas, bingung, grogi dan mengantuk.

4. Aplikasi Bangun Tidur

Beberapa aplikasi di ponsel tersedia untuk membantu tubuh bangun dengan sempurna, seperti 'Alarm' yang berkonsep bak jam weker untuk membangunkan penggunanya. Setelah suara yang mengagetkan, aplikasi ini memaksa pengguna untuk menyelesaikan puzzle dan merangsang otak dan tubuh untuk terjaga. Ada juga aplikasi Alarm Clock for Heavy Sleepers yang membangunkan para penggunanya dengan beberapa pilihan opsi suara. 

5. Buat Suasana Tidur yang Menyenangkan

Cobalah untuk membuat suasana kamar tidur nyaman dan menyenangkan untuk tidur. Pastikan kamar bernuansa tenang, gelap dan hening. Jauhkan tubuh dari cahaya elektronik seperti komputer, laptop dan telepon pintar sekitar dua jam sebelum tidur. Cara ini ampuh membuat tidur lebih berkualitas dan terjaga tepat waktu keesokan harinya.

 

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya