5 Aktivitas Yang Harus Dihindari Pasca Melahirkan Caesar

Momen yang paling ditunggu-tunggu setelah pernikahan adalah menunggu kelahiran buah hati. Dan bagi seorang ibu yang sehabiskan melahirkan dengan melakukan operasi caesar, harus memiliki tenaga ekstra untuk pemulihan. Hari-hari setelah kelahiran buah hati, periode pasca persalinan bisa menjadi salah satu saat paling menantang bagi ibu dan keluarga. Periode ini bahkan bisa lebih menantang bagi ibu yang telah melahirkan caesar.

Melahirkan normal maupun operasi caesar adalah pilihan. Namun lahiran caesar, umumnya dipilih karena ibu takut dengan persalinan normal atau ada risiko kesehatan tertentu sehingga dokter mengambil jalan operasi.

Melahirkan caesar risikonya tentu lebih besar, mulai dari abruptio plasenta, gawat janin, , dan masih banyak lagi. Aktifitas pasca operasi caesar pun harus diperhatikan seperti pantangan pasca operasi caesar Anda.

Dilansir dari artikel americanpregnancy.org, berikut adalah aktivitas yang harus dihindari pasca operasi caesar

1. Mandi Terlalu Lama

homeadvisor.com

Berlama-lama di kamar mandi harus benar-benar dihindari selama beberapa hari pertama setelah caesar. Ini dilakukan untuk menghindari infeksi. Beberapa hari usai operasi, Anda disarankan mandi cepat atau membersihkan tubuh dengan cara berseka.

2. Hindari Makanan Pedas dan Berminyak

whats4eat.com

Konsumsi makanan sehat sangat disarankan setelah operasi caesar. Pasalnya, ini akan membantu penyembuhan lebih cepat. Di samping itu, konsumsi makanan pedas atau berminyak dapat menyebabkan masalah pencernaan yang mempengaruhi proses pemulihan ibu.

3. Mengangkat sesuatu yang lebih berat dari pada bayi Anda

isna.ir

Beberapa minggu pertama usai operasi Caesar, sebaiknya ibu tidak mengangkat benda yang lebih berat dari bayinya. Mengangkat benda yang terlalu berat bisa membuat jahitan ibu yang baru melahirkan menjadi rusak, lebih lanjut bisa menyebabkan perdarahan.

4. Sering naik-turun tangga

gulalives.com

Ibu yang baru melahirkan dengan metode caesar sebaiknya menghindari naik-turun tangga terlebih dahulu. Selain membuat lelah, ini juga bisa memperburuk luka operasi dan menyebabkan perdarahan.

5. Berolahraga

sukalive.com

Setelah operasi caesar, seorang perempuan benar-benar harus menghindari latihan fisik intensif yang dapat melelahkan dirinya.

Hindari juga pekerjaan rumah yang menuntut Anda bergerak terlalu ekstrem. Pasalnya, ibu yang baru melahirkan Caesar perlu memulihkan tubuh. Aktivitas berat tersebut bisa memperlama proses penyembuhannya.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita