4 Waktu yang Tepat Untuk Menyantap Yogurt

Minuman susu fermentasi atau dikenal dengan yogurt sudah dikenal memiliki berbagai manfaat sehat bagi tubuh. Kandungan bakteri baik di dalam yoghurt tak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga menurunkan risiko obesitas, mencegah penyakit jantung hingga berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Bahkan, konsumsi yogurt yang dikombinasikan dengan asupan bernutrisi seperti buah dan sayur terbukti meningkatkan respon imun pada sistem pencernaan, sehingga menurunkan resiko terserang penyakit saluran pencernaan seperti kanker kolon, diare, penyakit radang usus dan infeksi bakteri lain yang pertumbuhannya dapat dihambat dengan mengonsumsi yoghurt.

Menurut Dr. Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK, yang dilansir Kompas, studi yang menggunakan yogurt menunjukkan manfaat kesehatan yang menjanjikan untuk kondisi pencernaan, termasuk lactose intolerant, konstipasi, diare, kanker kolon, dan penyakit radang usus, infeksi helicobacter pylori, hingga alergi.

Untuk mendapatan manfaat maksimal, yoghurt sebaiknya dinikmati di empat waktu berikut:

1. Sarapan

Image result for sarapan yogurt

https://www.merdeka.com

Mengonsumsi yogurt sebagai menu sarapan sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Kandungan nutrisinya cukup mengenyangkan dan memberi energi pada tubuh di pagi hari. Selain itu kesehatan pencernaan pun akan terjaga.  

2. Camilan

Image result for camilan yogurt shutterstock

https://magazine.job-like.com

Pilih yogurt sebagai camilan yang tak hanya aman untuk berat badan Anda, tapi juga baik untuk menjaga suasana hati. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa yogurt punya efek yang sama seperti cokelat, bisa membuat hati bahagia setelah mengonsumsinya.  

3. Setelah makan

Image result for dessert yogurt

https://realfood.tesco.com

Ketimbang memilih makanan penutup kaya gula, lebih baik selalu sediakan yogurt sebagai dessert. Pasalnya, yogurt dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol dalam darah.  

4. Saat bepergian jauh

Image result for yogurt kemasan shutterstock

https://www.liputan6.com

Ada kalanya ketika mengunjungi tempat baru, kita akan terserang diare, kram perut, dan mual. Biasanya ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari makanan. Yogurt bisa membantu mengatasi hal ini.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia