4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Jika Sering Bertukar Sikat Gigi

Sikat gigi termasuk benda pribadi yang seharusnya tidak boleh Anda pinjamkan atau berbagi dengan orang lain. Alasannya? Pertama, karena tidak higienis bisa saja Anda menyebarkan virus atau bakteri di tubuh kepada orang lain, kebiasaan bertukar sikat gigi juga mampu menimbulkan penyakit membahayakan seperti berikut ini.

Penyakit gusi

loksatta.com

Sering bertukar sikat gigi, bisa menyebabkan penularan bakteri seperti streptococcus yang membuatmu berisiko terkena penyakit gusi, sariawan, hingga pendarahan di dalam mulut.

Herpes oral

hellosehat.com

Kebiasaan berbagi sikat gigi dengan orang lain juga mampu menyebarkan virus herpes simpleks, dari orang lain yang menderitanya. Akibatnya, kamu bisa tertular dan mengalami herpes oral.

Hepatitis

pelanginada.com

Menurut penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of viral hepatitis, penyakit hepatitis C bisa ditularkan melalui berbagi sikat gigi. Hepatitis akan ditandai dengan hilangnya nafsu makan, mual, dan sakit kuning.

Mononukleosis

merdeka.com

Disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV), mononucleosis sangat menular. Dan penularannya bisa menyebar melalui air liur dan darah. Gejalanya meliputi sakit kepala, mual, hingga demam.

Meski terlihat sederhana, ternyata kebiasaan bertukar sikat gigi mampu menyebarkan penyakit berbahaya di atas. Oleh karena itu, mulai sekarang hentikan kebiasaan bertukar sikat gigi yang tidak baik ini ya.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita