4 Makanan yang Baik untuk Sarapan Pagi

Sebelum kita memulai aktivitas di pagi hari, ada baiknya sarapan terlebih dahulu. Tubuh kita akan memperoleh energi yang cukup untuk melakukan aktivitas melalui sarapan. 

Bukan hanya itu saja, sarapan juga dapat meningkatkan konsentrasi otak, menjaga suasana hati, memberikan nutrisi bagi tubuh, dan mengontrol berat badan. Berikut ini adalah 5 makanan yang baik bagi kamu untuk sarapan:

1. Telur

Gambar terkait

cafefcdn.com

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Konsumsi protein yang tinggi dapat membuat kita kenyang lebih lama dan membantu menjaga massa otot. Selain itu, kuning telur mengandung vitamin B kolin yang baik untuk meningkatkan daya ingat dan lutein serta zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

2. Oatmeal

Gambar terkait

kermany.com

Satu mangkuk oatmeal dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama karena tingginya kandungan serat di dalamnya. Oatmeal merupakan salah satu sarapan yang baik karena kaya akan nutrisi, seperti vitamin B, magnesium, dan zat besi. Kemudian, konsumsi oatmeal juga dapat menurunkan risiko terkena hipertensi, kolestrol tinggi, dan penyakit jantung. Namun, pilihlah oatmeal yang tinggi serat, hanya terdiri dari biji gandum utuh, tetapi rendah gula dan sodium. Kamu juga dapat menambahkan susu atau telur untuk meningkatkan kandungan protein ketika sarapan oatmeal.

3. Greek Yogurt

Gambar terkait

purch.com

Greek yogurt diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan proteinnya lebih tinggi 2 kali lipat dibandingkan dengan yogurt biasa. Selain itu, yogurt ini diketahui memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tulangmu dan dapat menurunkan nafsu makan. Pilihlah greek yogurt yang tidak ditambahkan perasa apapun agar terhindari dari asupan gula buatan.

4. Biji Chia

Hasil gambar untuk chia seeds

healthline.com

Pada umumnya biji chia dicampurkan ke dalam jus, yogurt, sayuran, atau minuman lainnya. Makanan tersebut dapat membuat tubuh kita terhindar dari radikal bebas karena memiliki antioksidan yang tinggi. Selain itu, biji chia memiliki nutrisi dan serat yang tinggi, serta kalori yang rendah. Dengan demikian, biji chia dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya