4 Hal yang Bikin Cegukan Bayi Tak Mau Berhenti

Cegukan merupakan respon alami tubuh saat ada benda asing yang masuk. Dan bayi pun bisa mengalaminya.

Namun bagaimana bila bayi terus-menerus cegukan? Well, tentu ada penyebabnya. Seperti dilansir dari Momjunction, berikut adalah beberapa penyebab bayi cegukan.

1. Refluks Gastroesofagus

Refluks gastroesofagus (RGE) merupakan fenomena fisiologis yang dapat terjadi pada setiap bayi dan anak. Pada bayi, gejala yang sering terjadi seperti muntah, tidur tidak nyaman, menolak makan, dan gagal tumbuh. Sedangkan cegukan yang muncul disebabkan oleh aliran balik makanan dan asam yang memicu sel-sel saraf hingga menyebabkan flutter (kontraksi otot jantung) di diafragma.

2. Overfeeding

Terlalu banyak memberi makan bayi, bahkan ASI, dapat menyebabkan perut membengkak dan melebarkan diafragma hingga pada akhirnya cegukan.

3. Menelan Banyak Udara

Terutama pada bayi yang minum susu dari botol, dia akan berisiko overfeeding. Hal ini sering membuat bayi menjadi cegukan dan rewel.

4. Alergi

Alergi terhadap protein tertentu yang ditemukan dalam susu formula atau bahkan dalam ASI dapat menyebabkan radang esofagus, yang disebut Eosinophilic Esophagitis. Sebagai reaksi terhadap kondisi tersebut, diafragma sering menyebabkan cegukan. Dalam beberapa kasus, alergi bisa dipicu oleh perubahan komposisi ASI karena makanan tertentu yang dikonsumsi oleh ibu.

Jika bayimu cegukan terus-menerus, sebaiknya jangan panik. Kenali penyebabnya sehingga kamu menanggulanginya.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya