3 Terobosan Teknologi Dunia Kedokteran pada Tahun 2017

Seiring berkembangnya zaman, berbagai teknologi di berbagai bidang terus dikembangkan. Dengan teknologi yang berkembang ini menyebabkan hal-hal yang dianggap mustahil atau bahkan tidak mungkin, dapat menjadi mungkin dan menjadi kenyataan di tahun-tahun berikutnya.

Dalam laman website-nya, MIT Technology Review mengulas 3 terobosan baru dalam teknologi dunia kedokteran. MIT mengungkapkan adanya kemungkinan bahwa di masa depan, penyakit yang saat ini belum ada obatnya – seperti kanker, HIV, dan penyakit autoimun- bisa dapat disembuhkan.

Tak hanya itu, di masa depan, teknologi juga memungkinkan Anda untuk dapat mengetahui komposisi genetic hanya dengan menggunakan aplikasi di ponsel Anda.

Berikut ini 3 terobosan teknologi di dunia kedokteran pada tahun 2017

  1. Teknologi Penyembuh Kanker

acehtraffic.com

Penyakit kanker telah menjadi momok baik bagi pasien maupun dokter, karena penyakit yang hamper pasti merenggut jiwa ini belum ditemukan obat yang benar-benar dapat memusnahkannya.

Sebuah perusahaan bioteknologi asal Perancis, Cellectis yang berkedudukan di Manhattan, Amerika Serikat yang mungkin dapat menjanjikan kesembuhan terhadap kanker. Para peneliti Cellectis memodifikasi sel darah putih manusia-tepatnya sel limfosit T-agar dapat menyembuhkan sel kanker.

Peneliti dari perusahaan ini memodifikasi dari sel limfosit T dan memasukkannya ke dalam tubuh 300 orang pasien kanker. Dan hasilnya menakjubkan, sebagian besar pasien mengalami perbaikan atau bahkan remisi – suatu periode waktu ketika penyakit merespon pengobatan atau berada di bawah kendali.

  1. Mengetahui Genetik Lewat Aplikasi Ponsel

beritateknologi.com

Anda dapat mengetahui kecenderungan untuk menyukai makanan manis, alergi terhadap makanan, membawa gen terhadap penyakit tertentu, dan sebagainya melalui aplikasi yang sedang dikembangkan oleh perusahaan Helix.

Helix, perusahaan asal Amerika Serikat ini akan meluncurkan aplikasi tersebut antara tahun 2017-2018 ke pasaran, dan dapat diunduh melalui App Store atau Play Store

  1. Modifikasi Gen Hasilkan Tanaman Super

belajarbarenghidroponik.com

Dalam 5-10 tahun kedepan, teknologi modifikasi gen dapat menciptakan tanaman super yang tahan hama, kekeringan, dan dapat menghasilkan lebih banyak dari tanaman biasa. Beberapa penelitian di Cina telah dapat menciptakan tanaman gandum yang tahan terhadapb jamur. Tak hanya itu, mereka juga memodifikasi padi, sehingga dapat menghasilkan beras yang lebih banyak daripada padi biasa.

Semua modifikasi genetik ini dipastikan aman dan tidak akan menghasilkan tanaman genetically modified organism (GMO) yang memiliki DNA dari organisme lain yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Tag: articles

Vionita