3 Manfaat Melatih Otot Inti

Otot inti adalah serangkaian otot kompleks, yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Otot inti berperan menstabilkan dan melindungi tulang belakang, dan tergabung dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia.

Anggap saja otot inti Anda sebagai penghubung utama dari rantai yang menghubungkan tubuh bagian atas dan bawah Anda. Apakah Anda sedang memukul bola tenis atau mengepel lantai, gerakan yang diperlukan bisa berasal dari otot inti tubuh Anda atau bergerak melaluinya.

Banyak orang yang berpendapat bahwa melatih otot inti identik dengan program membentuk perut sixpack. Tak banyak yang tahu bahwa manfaat melatih otot inti lebih dari sekedar latihan untuk membentuk otot perut.

1. Mencegah cedera

Image result for mencegah cedera shutterstock

http://lampung.tribunnews.com

Membungkuk untuk memakai sepatu, mengangkat boks berat, menoleh untuk melihat ke belakang, duduk di kursi, mengemudi, atau hanya berdiri diam — ini hanya beberapa dari banyak rutinitas harian yang sangat mengandalkan otot inti Anda, dan bahwa Anda mungkin tidak menyadarinya sampai tubuh terasa menjadi kaku atau sakit. Kelamaan duduk dan minim olahraga melemahkan otot-otot bagian tengah tubuh Anda.

Otot inti yang lemah atau tidak fleksibel dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki. Dan itu menguras tenaga dari setiap gerakan yang Anda buat. Melatih otot inti dengan benar dapat menggenjot kekuatannya. Mengembangkan torso tubuh yang kuat berarti membangun stabilitas dan kekuatan otot inti.

2. Memberikan postur tubuh yang baik

Image result for postur ideal shutterstock

https://www.dream.co.id

Otot inti lemah berkontribusi pada kebiasaan membungkuk. Latihan otot inti melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, perut, dan panggul Anda sebagai pusat gravitasi Anda sebenarnya, untuk bekerja secara harmonis. Ketika Anda memperkuat punggung bagian atas dan bahu, otot-otot ditarik ke belakang dan turun sehingga menghapus jejak tubuh yang bungkuk — memberikan Anda postur tubuh yang stabil dan baik. Postur yang baik membuat Anda tampak lebih tinggi dan ramping, menggenjot kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

3. Menunda proses penuaan dini

Image result for yoga shutterstock

https://www.rd.com

Tetap bugar juga berarti melindungi sistem-sistem penting di bawah permukaan kulit. Inti tubuh Anda tidak hanya ada di mana organ-organ dan sistem saraf pusat memusatkan energi mereka, namun juga di mana pembuluh darah tubuh dan arteri terbesar (dan paling penting) Anda berada. Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di antara dinding perut dan organ-organ Anda, seperti hati dan usus. Itulah lemak yang lebih berbahaya, sehingga kelebihan lemak di area ini dapat menyebabkan tumpukan masalah-masalah kesehatan lain — dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia