GEJALA STROKE, HOME CARE BANDUNG, HOME CARE BEKASI, HOME CARE BOGOR, HOME CARE JAKARTA, HOME CARE, PERAWAT STROKE, HOME CARE TANGERANG, JASA PERAWAT LANSIA, JASA PERAWAT STROKE, JENIS STROKE, MENGURUS STROKE, OBAT STROKE, PENANGANAN STROKE

3 Jenis Stroke Yang Harus Anda Waspadai dan Begini Cara Penangananya

Setiap orang berpotensi terkena stoke, tidak mengenal umur atau pun gender. Walau pun begitu, stroke dapat diminimalisir resikonya dengan gaya hidup yang sehat. Mulai dari rutin berolah raga, mengurangi atau menghindari makanan berminyak, berlemak dan makanan tinggi kolesterol.

Selain itu, kelola manajemen stress dan emosi agar selalu hidup bahagia tanpa tekanan.

Stroke terjadi ketika pasokan darah dan oksigen tidak bisa memenuhi kebutuhan otak. Hal ini dikarenakan matinya jaringan otak (infark serebral).

“Penyakit stroke adalah penyakit yang terjadi ketika pasokan darah menuju otak terganggu atau sama sekali berkurang, sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Dalam beberapa menit, sel-sel otak mulai mati. Penyakit ini merupakan kondisi yang dapat mengancam hidup seseorang dan dapat menimbulkan kerusakan permanen.”  – Hello Sehat

3 Jenis Stroke Berdasarkan Kondisinya

Stroke terbagi menjadi 3 (tiga) jenis berdasarkan kondisinya. Berikut adalah 3 jenis stroke yang harus diperhatikan agar bisa menanagani menyesuaikan dengan kondisinya.

  1. Stroke Ringan
  2. Stroke Iskemik
  3. Stroke Hemoragik

Pengertian Stroke Ringan dan Cara Penanganannya

Saat seseorang terkena stoke ringan maka bagian tubuh tertentu akan kehilangan fungsinya yang terjadi dalam kurun waktu beberapa menit atau beberapa jam.

Hal ini dikarenakan bagian dari otak mengalami gangguan yang disebabkan oleh gagalnya otak mendapatkan suplai darah atau oksigen, sehingga sel pada otak tersebut rusak.

Beberapa gejala yang dialami oleh orang yang terkena stroke ringan akan kesulitan berbicara atau menggerakkan sebagian persendian yang ada di tangan atau kaki

Selain itu, penderita stoke ringan akan mengalami gangguan motorik dan keseimbangan. Seperti kesulitan menulis, gangguan penglihatan, pergerakan terganggu, kesulitan mengatur intonasi suara, hingga terjadi vertigo yang berlangsung sementara.

Konsultasi ke Dokter

Saat terjadi gelaja seperti di atas, segera konsultasikan kepada dokter. Jangan mengaggap remeh penyakit ini karena jika terlambat menyadari dan menanganinya maka semakain besar pula resikonya.

Jika Anda atau orang tercinta mengalami gejala stroke ringan dan tidak sempat untuk datang ke dokter, Anda dapat menggunakan jasa home visitInsan Medika.

Layanan home visit Insan Medika menghadirkan dokter atau perawat yang akan mengunjungi/datang ke tempat Anda untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah hingga hal klinis yang dibutuhkan.

Pengertian Stroke Iskemik dan Cara Penanganannya

Stroke iskemik terjadi ketika terjadi gangguan aliran darah yang menuju ke otak karena aterosklerosis (bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah menuju ke otak.

Stoke iskemik sangat berbahaya jika terlambat dalam menananganinya. Sebaiknya segera datang ke dokter untuk mendapatkan pertolongan pertama selambat-lambatnya 4,5 jam setelah terjadi stroke, karena jika terlambat maka akibatnya akan sangat fatal

Obat Stroke Iskemik

Penggunaan obat untuk stroke
Penggunaan obat untuk stroke

Penggunakan obat-obatan yang tepat untuk menangani terjadinya serangan stroke adalah dengan mengkonsumsi obat aspirin. Obat jenis ini telah terbukti secara efektif untuk mengencerkan darah yang membeku menuju ke otak.

Selain pemberian obat, segera hubungi dokter untuk penangan serius yang dibutuhkan oleh pasien. Karena pemberian obat aspirin hanya untuk memperlancar bagian aliran darah yang tersumbat saja.

Lebih lanjut, dokter akan memberikan resep dan penanganan yang tepat sesuai dengan keadaan pasien saat itu juga.

Pengertian Stroke Hemoragik

Penggunaan obat untuk kondisi troke ini tidak lagi efektif, sebaiknya segera menuju rumah sakit spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan komprehensif.

Jenis stoke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah yang ada di otak mengalami kebocoran hingga terjadi pecah. Sebelum terjadinya bocornya pembuluh darah, maka akan terjadi penurunan atau abnormal kinerja dari pembuluh darah sebelum akhirnya mengalami pengembangan hingga terjadi pecah.

Saat kondisi di atas terjadi, maka kemungkinannya hanya dua, korban akan mengalami koma yang panjang atau meninggal dunia. Oleh sebab itu, pastikan tidak ada keterlambatan saat menangani stroke jenis ini.

Jika penangannya tepat, kemungkinan besar korban akan selamat. Namun penanganan juga harus tetap dilakukan oleh dokter atau perawat yang profesional dan kompeten. Saat korban semakin membaik dan bisa dirawat di rumah sendiri, Anda harus senantiasa bersamanya untuk memastikan keadaannya selalu baik.

Merawat Orang Sakit Stroke di Rumah

Merawat orang terkena stroke di rumah sendiri
Merawat orang terkena stroke di rumah sendiri

Tidak jarang waktu, tenaga dan emosi akan terkuras habis untuk merawat dan mengawasi orang yang terkena stroke, apa lagi jika Anda mempunyai pekerjaan yang tidak bisa ditinggal terlalu lama. Solusi untuk merawat orang stroke adalah dengan menggunakan jasa perawat stroke di rumah Anda sendiri.

Insan Medika sebagai provider terbaik dalam bidang saja home care dapat Anda handalkan kapan saja dan di mana saja. Pemesanan penggunaan jasa perawatnya pun sangat mudah. Anda dapat mengunjungi website Insan Medika untuk lebih lengkapnya.

Tag: articles

Ramdan Chandra