Teknologi Kesehatan: Teknologi Baru Penyelamat Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung memang menjadi hal yang menakutkan bagi banyak orang. Serangan jantung dapat datang secara tiba-tiba, membuat para penderitanya takut akan kejadian yang tidak diharapkan. Bahkan, tak hanya jumlahnya saja yang meningkat, penyakit jantung atau kardiovaskular yang kini banyak diderita ini juga semakin komplek dan lanjut.

Image result for teknologi kesehatan jantung

Ilustrasi penderita penyankit jantung (foto: foxnews)

 

Namun, ini semua bisa teratasi dengan kesigapan dan kesadaran masyarakat untuk segera mencari pertolongan dan kemampuan diagnosis medis yang lebih baik. Bahkan, pasien serangan jantung di bawah 12 jam sejak keluhan timbul bisa diselamatkan dengan tindakan primary Percutaneous Coronary Intervention (PCI). Begitu pasien datang ke rumah sakit langsung dilakukan katerisasi dan pemasangan ring di pembuluh darah yang tersumbat.

Semakin berkembangnya ilmu teknologi, dunia kesehatanpun juga tidak mau ketinggalan. Hal ini dibuktikan dengan mulai terciptanya berbagai teknologi canggih kesehatan yang memudahkan siapa saja untuk mengecek kondisi kesehatannya

   Berikut ini, terdapat beberapa teknologi baru yang kian canggih dan bisa menjadi penyelamat bagi penderita jantung, seperti:

  1. Left Ventricular Assist Device (LV Assist Device)

LV Assist Device ini dipasang di jantung penderita penyakit jantung untuk membantu menggerakkan jantung. Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita gagal jantung yang menyebabkan gerakan dinding jantung menjadi tidak sinkron, yang makin memperlemah pompa jantung.

  1. Cardiac Resynchronization Therapy (CRT)

Yaitu alat berukuran kecil yang dipasang untuk mengembalikan gerak dinding-dinding jantung agar lebih sinkron.

  1. Stem Cell

Teknologi Stem Cell di Indonesia kini sedang dalam tahapan trial di RS Harapan Kita. Percobaan Stem Cell yang bisa diinjeksikan secara langsung ke dalam jantung pasien. Stem cell akan digunakan tidak hanya untuk penyakit jantung, tapi juga pembuluh darah. Jadi jika banyak pembuluh darah di beberapa bagian tubuh yang telah rusak, maka sel akan diinjeksikan ke dalam pembuluh darah tersebut.

  1. Trans Aortic Valve Implantation

Merupakan teknologi penggantian katup jantung aorta tanpa operasi. Teknologi ini biasanya digunakan pada pasien yang sudah tua dan tidak dapat dilakukan operasi bedah jantung terbuka untuk mengganti katup aorta. Melalui kateter yang dimasukkan ke pembuluh darah di bawah kulit, katup jantung dilewatkan hingga ke dalam jantung dan dikembangkan dengan balon untuk mengganti katup yang lama.

Tag: articles