Penyakit Jantung: Diam-Diam Mematikan

Penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah serta proses peradangan diduga menjadi penyebab penyakit ini.

Image result for penyakit jantung shutterstock

http://lifestyle.kompas.com/read/2016

Ketika terjadi penumpukan kolesterol (plak), pembuluh darah koroner akan menyempit sehingga aliran darah dan suplai oksigen menuju jantung pun akan terhambat. Kurangnya aliran darah ini akan menyebabkan rasa nyeri pada dada (angina) dan sesak napas, hingga suatu saat terjadi hambatan total pada aliran darah menuju jantung atau yang disebut juga dengan serangan jantung.

Baru-baru ini berita duka dari seniman yang juga mantan politisi Partai Demokrat, Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns Soerio Soebagio atau lebih dikenal dengan nama Sys Ns, meninggal dunia karena penyakit jantung.

Image result for sys ns jantung shutterstock

https://www.dream.co.id

Serangan jantung bisa datang secara tiba-tiba, dan itu bisa menyebabkan kematian mendadak. Secara umum baik pria dan wanita, sama-sama memiliki potensi yang tinggi untuk terkena penyakit ini. Namun dijelaskan lagi ternyata wanita lebih memiliki potensi yang tinggi untuk terkena penyakit ini dibandingkan pria dan sayangnya wanita tidak terlalu peka dengan gejalanya.

Berikut adalah gejala penyakit jantung secara umum :

Nyeri dada

Image result for nyeri dada shutterstock

http://doktersehat.com

Rasa nyeri ini disebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan oksigen dan aliran darah mengalir tidak lancar yang kemudian memunculkan rasa sesak yang seperti ditusuk-tusuk atau diremas.

Sesak napas

Related image

http://oxygensolutions.com.au

Pada umumnya, beberapa minggu sebelum seseorang terkena serangan, maka dia akan mengalami sesak napas. Hal ini terjadi karena masuknya cairan ke rongga udara di paru-paru.

Letih dan lelah

Related image

http://lifestyle.kompas.com/read

Selain sesak napas, badan akan terasa sangat letih dan lelah walaupun tidak terlalu banyak beraktivitas. Hal ini disebabkan karena aliran darah dan oksigen ke setiap pembuluh yang mengarah ke jantung tersendat dan menyebabkan kinerja jantung dalam memompa tidak maksimal.

Jantung berdebar, pusing dan pingsan

Related image

http://www.netdoctor.co.uk

Gejala lain adalah jantung akan berdebar-debar yang juga mengakibatkan sakit kepala hingga pingsan. Hal ini disebabkan penurunan aliran darah dan detak jantung yang tidak stabil.

Penyakit jantung sendiri dibagi menjadi beberapa macam, mulai dari penyakit jantung koroner, penyakit jantung karena penyumbatan pembuluh darah kecil (iskemi), Infark Miokard, Aterosklerosis sampai dengan penyakit jantung rematik. Sebenarnya Anda bisa mencegah penyakit mematikan ini sejak dini seperti selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Tag: articles