Lakukan Hal Ini Untuk Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ pokok yang memegang kendali peredaran darah didalam tubuh. Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Ketika jantung sudah berhenti berdetak, bisa dipastikan nyawa kita sudah terpisah dari raga kita.

Penyakit jantung merupakan masalah kesehatan yang paling ditakuti. Tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk mencegah masalah kesehatan ini. Semua orang menginginkan jantung yang sehat, tetapi mereka masih tidak melakukan bagaimana caranya untuk hidup sehat demi mengurangi resiko penyakit jantung. Membiasakan diri untuk bergaya hidup sehat dapat membantu memperkuat organ jantung Anda. 

Maka dari itu, lakukanlah hal ini untuk kesehatan Jantung Anda

  • Berhenti merokok
    Rokok memang menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan. Selain tidak bagus untuk kesehatan paru paru, merokok juga tidak baik untuk kesehatan jantung. Kandungan zat zat beracunnya sedikit demi sedikit akan merusak organ penting dalam tubuh seperti jantung dan paru paru. Meski efeknya tidak secara langsung, namun rokok memang sudah terbukti menimbulkan berbagai masalah kesehatan.
  • Berolahraga
    Cara pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rajin berolahraga. Selain membuat badan menjadi bugar, olahraga ternyata juga mampu menjaga kesehatan jantung. Olahraga yang bisa menyehatkan jantung anda seperti berenang, jogging, bersepeda dan lain lain. Yang paling penting bahwa dengan rutin berolahraga, jantung akan dapat bekerja dengan baik.
  • Luangkan Waktu Untuk Rekreasi
    Anda juga bisa menyempatkan diri untuk berlibur atau bertamasya ke suatu tempat yang menyenangkan. Sehingga bisa menyegarkan pikiran yang juga berdampak sangat baik pada kesehatan jantung dan menurunkan tingkat stres.
  • Hindari makanan berlemak
    Lemak jahat yang banyak dikandung oleh makanan berminyak akan menyumbat pembuluh darah yang digunakan sebagai akses utama darah untuk menuju jantung. Selain itu, lemak juga akan membuat kadar kolesterol seseorang menjadi meningkat. Tentu kedua hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia.
  • Mengurangi minum alkohol
    Sebaiknya mengurangi atau bahkan tidak meminum-minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan minuman beralkohol mampu merusak otot jantung Anda.
  • Minum teh
    Minum teh bisa membantu menjaga jantung tetap sehat. Flavonoid yang terkandung dalam teh akan meningkatkan pembuluh darah dan kemampuannya untuk rileks. Dua cangkir teh dalam sehari baik untuk jantung.
  • Lakukan pemeriksaan secara teratur
    Rutin mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Tekanan darah dan kadar kolesterol merupakan hal penting yang harus dikontrol secara rutin.
  • Konsumsi air putih
    Untuk menjaga agar jantung tetap sehat, anda juga dapat melakukannya dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. jika biasanya anda meminum air putih sebanyak 8 gelas, maka mulai sekarang biasakan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. 

Itulah hal hal yang harus dilakukan untuk kesehatan jantung Anda, semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Salam!

 

www.insanmedika.co.id

Penyedia Perawat Home Care, Pendamping Orang Sakit, dan Perawat Lansia Profesional

Tag: articles

Todi Adiyatmo Wijoyo