Kenali Gejala Aterosklerosis!

Aterosklerosis adalah penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Penumpukan plak tersebut terjadi saat lapisan sel pada dinding dalam arteri (endothelium) yang bertugas menjaga kelancaran aliran darah mengalami kerusakan.

Plak yang menyebabkan aterosklerosis terdiri dari kolesterol, zat lemak, kalsium, dan fibrin (zat dalam darah).  Plak dapat terbawa aliran darah hingga menyebabkan penyumbatan, atau membentuk bekuan darah pada permukaan plak. Hal tersebut menyebabkan peredaran darah dan oksigen dari arteri ke organ tubuh terhambat.

Berikut adalah gelaja yang timbul saat mengalami Aterosklerosis : 

1. Lemah dan Lelah

Kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh yang disebabkan oleh Aterosklerosis, akan mempengaruhi ke otak, dapat membuat seseorang merasa lemah dan cepat lelah. Kepala pusing merupakan gejala awal dari aterosklerosis.

2. Nyeri di Daerah Dada

Kondisi ini secara medis disebut juga sebagai angina pectoris yaitu mengerutnya otot jantung karena kurangnya pasokan oksigen (myocardial iscehmia). Rasa sakit yang timbul bisa amat hebat dan terutama terasa di daerah tulang dada. Rasa nyeri mungkin juga menjalar ke bahu, punggung, lengan, leher, atau rahang.

3. Sesak Napas

Aterosklerosis juga ditandai dengan sesak napas atau dyspnea. Sesak napas terjadi karena kebutuhan oksigen untuk jantung tidak bisa dipenuhi. Tingkat pernapasan juga akan naik sebagai usaha untuk menyediakan lebih banyak oksigen ke otot jantung.

4. Detak Jantung Tidak Teratur

Penyumbatan arteri koroner bisa memotong suplai darah ke jantung. Hal ini menyebabkan berkurangnya fungsi otot-otot jantung dan jantung berpotensi mengalami aritmia atau detak jantung tidak teratur. Penyumbatan aliran darah ke jantung menyebabkan kerusakan total dari otot jantung dan memicu serangan jantung.

 5. Mual dan Berkeringat Berlebihan

Karena penyumbatan arteri korener tersebut, akan menimbulkan mual dan berkeringat pada tubuh. Rasa mual muncul seperti saat mengalami masuk angin dan keringat yang keluar berlebihan padahal tidak sedang melakukan hal-hal yang berat.

Tadi adalah beberapa gelaja yang timbul saat mengalami Asterosklerosis. Jika Anda mengalami gelaja di atas, bisa jadi Anda mengidap Asterosklerosis. Disaran untuk konsultasi ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut. Dan jika Anda membutuhkan perawat dalam perawatan Anda, pilihlah perawat dari Insan Medika, karena perawat Insan Medika adalah perawat yang berkualitas dan dapat merawat Anda selama 24 jam. Jadi akan memaksimalkan proses penyembuhan Anda. 

Butuh Home Care? Ingat Insan Medika

Tag: articles