Cara Merawat dan Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Bagai mana cara menjaga Jantung agar tetap shat?

                Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

  • Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Gaya hidup yang cenderung kurang sehat membuat kesehatan kurang terkontrol, misalnya banyak masyarakat yang kebanyakan duduk, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan masalah gaya hidup kurang sehat lainnya. Padahal untuk kesehatan tubuh,menerapkan pola hidup sehat juga bisa mencegah serangan jantung , misalnya dengan berolahraga secara teratur (minimal 2-3 jam seminggu) dan menjaga pola makan seperti lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan mengurangi makanan bersantan..

  • Berikut 5 tips cara terhindar dai penyakit jantung secara alami :

  • 1.Konsumsi keluarga kacang-kacangan
  • Mengkonsumsi kacang dapat Anda jadikan cara mencegah penyakit jantung secara alami yang mudah dan efekif. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa folat yang terkandung pada kacang jika dikonsumsi secara teratur mampu menurunkan risiko terkena stroke sebanyak 20 persen dan risiko penyakit jantung sebanyak 13 persen.
  • 2.Konsumsi buah ceri setiap hari
  • Kandungan senyawa anthocyanin yang terdapat pada ceri merah diteliti mampu menurunkan risiko terkena asam urat dalam darah, yang Kita tahu menjadi penanda munculnya serangan jantung dan stroke.
  • 3.Mengkonsumsi coklat
  • Percaya atau tidak, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh kandungan flavonoid yang terdapat pada coklat hitam yang mampu menjaga saluran arteri tetap fleksibel. Selain itu, sifat lainnya yang terdapat pada coklat hitam juga dipercaya dapat mencegah kolesterol jahat atau LDL dari oksidasi, bahkan cenderung mencegah munculnya plak. Coklat hitam juga mengandung banyak serat dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Namun tetap ingat, Anda harus menghindari susu coklat, karena lemak pada susu mampu meningkatkan kolesterol.
  • 4. Konsumsi teh
  • Baik itu teh hijau maupun hitam memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian dari 17 studi disebutkan bahwa mengkonsumsi teh sebanyak tiga gelas setiap hari mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 11 persen. Namun sebaiknya konsumsi teh dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Biasanya cangkir yang digunakan untuk meminum teh cangkir berukuran sangat kecil.
  • 5.Menjaga kesehatan gigi
  • Sepertinya gigi tidak ada hubungannya dengan jantung. Tetapi tunggu dulu, ternyata infeksi yang menyerang gusi bisa memicu inflamasi dalam pembuluh darah - kondisi yang sudah dibuktikan melalui penelitian yang mampu memicu penyakit kardiovaskular. Jadi jaga kesehatan gigi Anda untuk mencegah penyakit jantung.

     

    Itulah berbagai cara menjaga dan merawat serta untuk mencegah penyakit jantung.Dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya, selain dapat mencegah penyakit jantung, Anda juga bisa mencegah munculnya berbagai penyakit lainnya dalam tubuh ditambah lagi tubuh akan lebih sehat dan bugar. Mari mulai peduli kesehatan dan jaga selalu kesehatan Anda. Salam Sehat!
    Semoga Bermanfaat.

     

    Insan Medika Home Health Care Provider
    www.insanmedika.co.id

    Tag: articles

    Jabbar