5 Penyebab yang Harus Dihindari Agar Jantungmu Sehat

Jantung adalah organ tubuh yang paling pekerja keras, karena jantung tak pernah berhenti bekerja. Tak pernah istirahat walupun hanya sejenak saja, dan karena inilah kamu berkewajiban menjaga kesehatannya. Karena ketika jantung berhenti berdetak, di situlah akhirmu.

Kamu berpikir jika jantungmu terus berdetak, maka kamu sehat dan akan terus hidup. Tidak, belum tentu! Detak jantung juga perlu diperhatikan, karena seberapa cepat detak jantungmu ternyata juga mengindikasikan seberapa sehat tubuhmu. Jika detak jantungmu semakin cepat maka semakin tak sehat.

Ini beberapa penyebab jantungmu berdetak lebih cepat.

1. Dehidrasi

lifestyle.okezone.com

Dengan kamu tidak cukup minum sehingga tubuh menjadi dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah menurun dan tidak seimbangnya elektrolit tubuh bisa membuat jantung bekerja lebih cepat atau berdebar cepat. Caranya mudah, dengan kamu minum air putih yang cukup setiap harinya.

2. Kafein

hellosehat.com

Laxmi Mehta, M.D., direktur Woman’s Cardiovascular Health Program di Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan, setiap minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan ritme debaran jantung abnormal, menstimulasi detak jantung lebih cepat. Dengan mengurangi konsumsi kafein, seperti kopi agar detak jantung bisa stabil dan normal.

3. Stres

familydoctor.org

Dokter Laxmi Mehta mengatakan bahwa stres juga memicu percepatan denyut jantung. Tubuhmu yang penuh tekanan dan pikiran memicu mekanisme pertahanan tubuh sehingga meningkatkan kecemasan. Agar detak jantung kembali normal dan santai, lakukan latihan pernapasan. Bernapaslah yang dalam dan lakukan latihan relaksasi.

4. Asam lambung

ekafarm.com

Orang yang punya maag dan sering mengalami tinggi asam lambung akan sering mengalami percepatan detak jantung. Ini karena letak esofagus yang dekat dengan jantung, membuat area sekitar jantung iritasi.

5. Kebanyakan makan

aryanto.id

Karena makanan bisa membuat perut melar, apalagi makanan berlemak tinggi, bisa memicu detak jantung berdetak dengan cepat. Ini karena jantung harus bekerja keras melakukan pembakaran energi untuk membantu proses pencernaan. Jadi, mulai sekarang makan secukupnya agar jantung tidak terlalu keras bekerja ya.

Sekarang tahu kan, apa saja yang mungkin buruk buat jantungmu? Hindari hal-hal di atas dan mulailah perhatian dengan jantungmu ya agar jantungmu sehat. Jantung sehat, dirimu pun sehat!

Tag: articles

Vionita