Tidak Mau Cepat Tua? Hindari Makanan Ini!

Cantik dan sehatnya warna-warni sayur dan buah di piring kamu akan tampak pada kulit wajah dan tubuh lho. Sebab, nutrisi dari makanan yang sehat dan segar membuatmu lebih berenergi, memperlambat penurunan metabolisme tubuh, massa otot, dan kekuatan tulang. Selain itu pola makan sehat dapat membantumu mengelola dan mencegah penyakit kronis, seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Mengenali Berbagai Makanan yang Perlu Dibatasi

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuatmu lama-lama tampak lebih tua dari seharusnya:

1. Makanan yang digoreng

https://www.vemale.com

Semua makanan yang digoreng dalam rendaman minyak, misalnya kentang goreng atau ayam goreng, dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Makanan gorengan ini biasanya kaya akan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yang membuat kamu lebih berisiko mengalami penyakit jantung.

2. Daging merah

https://lifestyle.kompas.com

Jenis makanan ini sebaiknya dibatasi karena mengandung radikal bebas yang dapat mengganggu kemampuan kulit untuk memproduksi kolagen. Coba untuk mengganti daging sapi dengan daging ayam untuk pilihan yang lebih sehat.

3. Daging berlemak

https://sportourism.id

Lemak pada daging kaya akan lemak jenuh. Sebaiknya pilih bagian daging yang minim lemak, misalnya dada ayam.

4. Daging bakar

https://www.klikdokter.com

Daging bakar, apalagi  yang nyaris hangus, mengandung hidrokarbon yang dapat memengaruhi kolagen pada kulit. Hilangkan atau potong bagian yang daging yang hangus ini sebelum dikonsumsi.

5. Makanan asin

https://m.lakeybanget.com

Meski kamu mungkin sudah mengurangi taburan garam dalam masakan, bukan berarti asupan garam terkendali. Terlalu banyak garam dapat membuat tubuh menahan air lebih banyak, sehingga tampilan kulit menjadi sembap. 

6. Makanan olahan

https://www.klikdokter.com

Sebagian besar makanan olahan mengandung pengawet dan garam berlebih, yang dapat mempercepat penuaan. Sosis adalah contoh makanan olahan yang tinggi nitrat dan lemak jenuh, yang dapat menyebabkan peradangan.

7. Minuman mengandung alkohol

Minuman ini dapat membuatmu kehausan dan mengganggu pola tidur. Padahal istirahat cukup sangat penting untuk memperlambat penuaan. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi minuman alkohol juga membahayakan kesehatan hati, sehingga tidak dapat memecah racun keluar dari tubuh. Hal ini akan tampak pada kulit yang menjadi cepat keriput.

Bukan berarti kamu harus mencoret semua makanan di atas dari daftar belanjaan. Sebaiknya batasi konsumsinya, kemudian ganti dengan yang lebih sehat.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!