Mengenal Lebih Dekat Layanan Home care dan Cara Kerjanya

Apakah Anda pernah berpikir untuk melakukan perawatan di rumah saat Anda sedang sakit? Atau mungkin ada keluarga dekat yang memilih untuk melakukan perawatan lanjutan dirumah saja dari pada dirumah sakit?

Beberapa orang mungkin saja pernah berpikir seperti ini, karena dengan melakukan perawatan dirumah akan memudahkan anggota keluarga dalam merawat orang-orang terkasihnya.

Namun, perlu Anda ketahui, merawat orang sakit dirumah memerlukan keterampilan juga pengetahuan agar selama masa pengobatan bisa maksimal. Apalagi kalau sampai membutuhkan tindakan medis, Anda dituntut untuk mengetahui betul cara kerja serta langkah untuk penanganannya.

Jika Anda merasa masih minim pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perawatan dirumah, Anda bisa menggunakan layanan home care.

Mengenal layanan home care

Home care sendiri adalah layanan kesehatan yang dilakukan di rumah pasien, ditangani oleh perawat yang memiliki keahlian dalam bidang medis (perawat, dokter, bidan, dan lain-lain) bertujuan untuk membantu pasien memulihkan, meningkatkan, dan memaksimalkan perawatan di rumah.

Umumnya, layanan home care menawarkan jasa untuk merawat individu atau keluarga dengan lansia yang membutuhkan perawatan profesional maupun pasien yang sedang meneruskan perawatan dari rumah sakit.

Perawat akan mengurus segala keperluan yang berkaitan dengan kebutuhan pasien, memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi, memberikan obat sesuai dengan jadwal, memberikan perhatian penuh, serta melakukan perawatan pribadi mulai dari memandikan, memakaikan baju hingga menemani aktivitas pasien.

Cara kerja dan jenis layanan home care

Dalam melakukan tindak perawatan, perawat tidak bisa bertindak sesuai dengan keinginannya, melainkan harus mematuhi aturan yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan pengalaman perawat tersebut.

Bagi perawat yang memiliki latar belakang pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) kesehatan tidak boleh melakukan tindakan medis, melainkan hanya diperbolehkan untuk menangani lansia atau anak-anak saja.

Lain halnya dengan perawat yang memiliki latar belakang pendidikan D3 atau S1 keperawatan. Mereka baru bisa melakukan tindakan medis seperti pemasangan alat-alat medis yang digunakan oleh pasien home care.

  1. Perawat medis

Perawat medis dapat melakukan pelayanan untuk pasien yang membutuhkan penggunaan alat-alat medis. Perawat yang bersangkutan setidaknya harus dari lulusan D3 atau S1 keperawatan yang memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih berlaku.

  1. Perawat orang sakit

Mendampingi dan mengawasi pasien yang sedang dalam masa pemulihan kesehatan seperti pasca operasi, stroke, atau dalam program kemoterapi merupakan tanggung jawabnya. Sama dengan perawat medis, perawat orang sakit adalah lulusan D3 atau S1 Keperawatan yang belum memiliki STR (Surat TAnda Registrasi).

  1. Perawat lansia

Perawat yang menangani lansia biasanya akan tinggal untuk mendampingi dan menemani aktivitas sehari-hari dirumah. Untuk perawat adalah minimal pendidikan SMK Kesehatan yang juga telah mendapatkan pelatihan khusus.

  1. Perawat bayi dan anak berkebutuhan khusus

Layanan ini ditujukan bagi orang tua yang masih bingung bagaimana cara merawat bayi dan anak berkebutuhan khusus. Perawatan ini dilakukan oleh bidan yang minimal pendidikannya adalah D3 Kebidanan.

  1. Perawatan luka

Pasien pengidap diabetes melitus bisa menggunakan layanan ini. Perawat akan datang setiap hari untuk mengecek perkembangan kondisi pasien apabila memang pasien tidak memiliki beberapa penyakit berat dan tidak terlalu menghabiskan banyak waktu, hanya membutuhkan bantuan untuk mengganti balutan perban atau memberikan obat luka tergantung tingkat lukanya.

  1. Perawatan setelah operasi

Perawatan ini bisa digunakan oleh pasien yang mengidap stroke pasca operasi. Pasalnya, proses perawatan pasien yang terkena stroke membutuhkan perhatian khusus dan waktu cukup lama. Layanan ini biasanya meliputi fisioterapi. Tidak hanya pengidap stroke, layanan ini juga bisa digunakan untuk pasien yang mengidap kanker, infeksi paru-paru, gangguan mental, depresi, meningitis dan pneumonia.

Keuntungan menggunakan layanan home care

Adanya layanan home care, memberikan banyak manfaat bagi individu maupun keluarga yang sedang melakukan perawatan di rumah, diantaranya yaitu:

  1. Efisiensi perawatan

Mempercayakan perawatan kepada ahlinya membuat proses perawatan menjadi lebih cepat. Jika perawatan dilakukan kepada yang bukan ahlinya, tertentu proses pengobatan akan memakan waktu yang lama.

Perawat home care tentunya sudah professional, sehingga mereka mengetahui benar bagaimana cara yang tepat dalam menangani pasien.

  1. Efisiensi waktu

Karena perawatan dilakukan dirumah, Anda yang memiliki kesibukan pekerjaan tetap bisa meneruskan pekerjaan. Tidak perlu ke rumah sakit untuk mengecek kondisi kesehatan, semua bisa dilakukan dari rumah oleh tenaga medis yang sudah terlatih dan profesional.

  1. Lebih hemat biaya

Dengan menggunakan layanan home care, Anda bisa lebih berhemat. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan di rumah sakit dan mengeluarkan ongkos pulang pergi berkunjung kerumah sakit.

  1. Membuat pasien lebih nyaman

Suasana rumah yang nyaman dapat membawa ketenangan bagi pasien dan memungkinkan mempercepat proses pemulihan. Selain mendapat perhatian dari perawat, pasien juga mendapatkan perhatian serta dukungan dari keluarga dirumah. Ini akan membuat pasien lebih bersemangat untuk sembuh.

  1. Kualitas perawatan

Dengan melakukan perawatan dirumah, perawat hanya fokus pada satu pasien saja. Berbeda dengan di rumah sakit, dimana pasien harus menunggu giliran untuk mendapat tindakan medis.

Informasi tentang perkembangan kesehatan pasien juga bisa didapatkan secara cepat dan tepat. Hal ini dikarenakan perawat tinggal di rumah dan mengetahui segala aktivitas pasien sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Dengan menggunakan layanan home care, perawat dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan pasien, baik mengenai masalah kesehatan sampai informasi perkembangan kesehatan secara cepat dan akurat.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai informasi berbagai layanan home care, Anda bisa menghubungi Insan Medika. Insan Medika sebagai agensi layanan penyalur home care dapat membantu merawat keluarga Anda di rumah.

Perawat akan tinggal bersama dirumah agar bisa memberikan perawatan khusus untuk pasien. Pelayanan Insan Medika terbuka selama 24/7 baik melalui website di www.insanmedika.co.id ataupun dengan langsung menghubungi di nomor telepon 0811231805 untuk langsung menjawab pertanyaan Anda.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!