Aturan Makanan Bagi Vegetarian Agar Tidak Kekurangan Gizi

ika dilakukan tanpa aturan, mereka yang menerapkan diet vegetarian bisa saja mengalami kekurangan gizi tertentu. Oleh sebab itu, mereka perlu tahu sumber-sumber nutrisi penting yang bisa dikonsumsi secara aman.

Melansir Detikhealth yang mengutip dari buku 'Diet Enak ala Vegetarian' yang ditulis oleh Drs Susianto, dr Hendry Widjaja, MARS dan Helda Mailoa, SST Gizi, risiko kekurangan nutrisi sangat bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan pangan yang bervariasi.

Beberapa unsur penting yang dikhawatirkan tidak terpenuhi kebutuhannya adalah protein, kalsium, zat besi dan vitamin B12. Pada dasarnya, keempat unsur tersebut banyak terkandung dalam daging, sementara daging tidak dikonsumsi oleh vegetarian. Jangan khawatir, ada sumber nabati lainnya yang bisa dikonsumsi para vegetarian.

1. Protein

Image result for protein shutterstock

http://www.leanandmuscular.org

Yang perlu diketahui, kebutuhan protein sehari-hari sebenarnya tidak dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi satu jenis sumber saja. Terutama pada mereka yang vegetarian, akan jauh lebih baik jika mengonsumsi berbagai macam bahan pangan yang mengandung protein.

Bagi vegan, kebutuhan protein dapat dicukupi dengan campuran protein dari padi-padian. Sementara bagi para lacto-ovo vegetarian, kebutuhan protein dapat terpenuhi dari telur, kacang-kacangan, produk olahan susu dan kacang kedelai. Selain itu, bisa juga dari sereal seperti nasi dan jagung dengan kacang-kacangan seperti kedelai, buncis dan lain-lain.

2. Kalsium

Image result for kalsium shutterstock

http://www.nuga.co

Mineral kalsium sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Nah, salah satu sumber yang bisa dimanfaatkan oleh vegetarian adalah sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan brokoli. Kalsium juga dapat diperoleh dari tahu, seaweed (rumput laut) dan buah-buahan kering.

3. Zat besi

Image result for zat besi shutterstock

https://www.klikdokter.com

Banyak orang cemas akan pucat dan tidak sehat saat beralih menjadi vegetarian. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, vegetarian bisa mendapatkan zat besi dari semua sayuran hijau. Penyerapan zat besi sendiri pada dasarnya bisa meningkat jika terdapat vitamin C. Nah, bagi vegetarian vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran segar.

4. Vitamin B12

Image result for sereal shutterstock

https://beritagar.id

Vitamin B12 tidak terkandung dalam bahan-bahan nabati, sehingga para vegetarian harus memenuhi kebutuhan ini dari produk olahan susu dan telur. Bagi para vegan, kebutuhan vitamin B12 bisa dipenuhi dari makanan yang telah difortifikasi dengan vitamin B12.

Makanan yang difortifikasi adalah makanan yang telah disisipi zat gizi tertentu dalam jumlah sedikit, berbeda dengan suplemen. Jumlah zat gizi yang ditambahkan tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Contoh makanan yang telah difortifikasi dengan vitamin B12 di yakni sereal atau cornflakes.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles