Cara Alami Menurunkan Demam

Meskipun panas demam adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, namun gejala ini bisa merepotkan bagi siapapun khususnya orang dewasa. Orang dewasa yang terkena demam akan merasakan tubuh yang lemas, tidak bertenaga, pusing, dan juga tidak dapat berkonsentrasi sehingga dapat mengganggu kegiatan sehari-harinya.

Oleh karena itu, saat panas terjadi sebaiknya penderita maupun keluarganya melakukan langkah dan untuk menurunkan panas demam agar segera pulih dan beraktivitas kembali seperti biasa. Ada cara mudah untuk menurunkan panas demam dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk menurunkan panas demam : 

1. Hindari Minuman Kafein dan Bersoda

Pertama-tama Anda harus mengindari minuman kafein (kopi, teh) dan bersoda, karena akan membuat seseorang merasa lebih sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil karena kopi, teh, dan soda memiliki kandungan zat siuretik yang dapat mempercepat aliran darah ke ginjal dan mempercepat pembentukan urin. Penderita demam yang terlalu sering buang air kecil akan lebih mudah terkena dehidrasi.

2. Jangan Menggunakan Air Dingin untuk Mengompres

Masih banyak terjadi salah kaprah di kalangan masyarakat tentang penggunaan air dingin untuk kompres panas demam. Padahal, penggunaan air dingin untuk kompres akan mengirimkan sinyal pada hipotalamus untuk menaikkan suhu tubuh, karena suhu dingin pada dahi akan ditangkap otak sebagai suhu rendah di lingkungan sekitar tubuh. Akibatnya, hipotalamus akan mengatur pusat pengendali suhu tubuh untuk menaikkan lagi suhunya, sehingga demam akan semakin tinggi.

3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengobati radang akibat infeksi saat demam, meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak, dan mempercepat proses pemulihan. Oleh karena itu, penderita demam dapat mengonsumsi vitamin C baik dalam bentuk suplemen vitamin secara langsung maupun dari buah dan sayur-sayuran.

4. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat dapat menjadi terapi untuk menurunkan suhu panas saat demam. Air hangat dpat membuka pori-pori, melancarkan peredaran darah, dan merilekskan badan. Oleh karena itu, penderita panas demam dianjurkan untuk mandi dengan air bersuhu hangat (tidak terlalu panas) untuk penyembuhan.

5. Minum Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang mirip dengan komposisi cairan di dalam tubuh. Meminum air kelapa memiliki manfaat yang amat baik untuk penderita panas demam karena dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang saat demam dan menurunkan panas.

Tadi adalah beberapa cara alami untuk mengatasi panas demam, jadi mulai sekarang jangan khawatir jika terserang demam, Anda dapat melakukan cara - cara di atas tadi. Namun jika panas demam tidak kunjung turun, disarankan untuk segera menghubungi dokter karena bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit lain seperti cacar, tifus, dan lain-lain. 

Jika Anda atau keluarga Anda membutuhkan perawat untuk menemani penderita karena Anda terlalu sibuk dengan kegiatan sehari - hari, Perawat dari Insan Medika adalah pilihan yang tepat untuk Anda, karena perawat dari Insan Medika akan selalu menjaga, merawat dan menemani penderita selama 24 jam dimana saja dan kapan saja. Sehingga akan memaksimalkan proses penyembuhan penderita dan dapat lekas sembuh. 

Tag: articles

arif