Pentingnya Fisioterapi pada Korban Patah Tulang

Apa itu Fisioterapi?

Fisioterapi adalah proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian penilaian, diagnosis, perlakuan, dan aktivitas pencegahan. 

Tujuan dari dilakukannya fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, maka fisioterapi dapat diprioritaskan untuk mengurangi dampaknya.

Seperti halnya peristiwa yang terjadi baru-baru ini, yaitu runtuhnya selasar Tower 2 Bursa Efek Indonesia (BEI), Semanggi, Jakarta Selatan, Senin 15 Januari 2018, dikabarkan telah mencederai sejumlah orang yang tengah melintas di selasar itu.

Jumlah korban luka mencapai 72 orang. Seluruhnya telah mendapati penanganan di beberapa rumah sakit, dan beberapa korban mengalami patah tulang.

Dalam masa pemuliha, keadaan seperti ini harus dibantu dengan fisioterapi, bisa dengan melakukan perawatan di rumah dengan bantuan dari fisioterapis.

Gambar terkait

http://www.zlotolaw.com/

Seperti Apa Bentuk Perawatan Fisioterapi?

Pengobatan dengan memakai metode ini membutuhkan keterlibatan pasien secara aktif dan kedisiplinan. Oleh karena itu, fisioterapis akan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit Anda, mendiagnosis, dan membantu Anda memahami permasalahan yang hinggap di  tubuh Anda. Fisioterapi membutuhkan keseriusan Anda karena metode ini berkaitan dengan gaya hidup, aktivitas, dan kesehatan Anda secara umum.

Berikut beberapa metode yang biasanya diterapkan kepada pasien :

1. Program Latihan

Beberapa terapi yang termasuk dalam program ini antara lain teknik memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, latihan kardiovaskular, dan peregangan.

2. Teknik Elektroterapi

Terapi ini menggunakan alat dengan daya listrik. Beberapa terapi jenis ini antara lain ultrasound, terapi laser, terapi diatermi, dan terapi syaraf dengan stimulasi elektrik (TEN).

3. Fisioterapi Manual

Yang temasuk fisioterapi jenis ini adalah pijat, peregangan, dan pelatihan resistensi tubuh, serta mobilisasi dan manipulasi sendi.

4. Metode lainnya

Selain metode-metode yang sudah disebutkan di atas, fisioterapi juga membantu pasien dengan mengoreksi teknik berolahraga yang salah dan membantu cara menggunakan alat bantu dengan tepat. Beberapa metode lainnya yang biasa dipakai adalah hidroterapi, melatih teknik bernapas yang benar, dan pengobatan akupuntur.

Selain metodenya yang lengkap dan spesifik, fisioterapi juga bisa dilakukan dengan fleksibel. Artinya, pasien bisa melakukan fisioterapi di mana saja sesuai dengan kemampuannya, apakah mau di rumah atau di rumah sakit.

Jika anda berencana untuk melakukan fisioterapi di rumah, Insan Medika bisa menjadi pilihan tepat anda karena Insan Medika dapat membantu Anda untuk menemukan fisioterapis yang dapat merawat pasien yang butuh perawatan fisioterapi dengan sangat telaten dan dapat diandalkan.

Butuh fisioterapis? Kunjungi kami di Insan Medika

Tag: articles

Chintya