Manfaat Cincau Hijau bagi Kesehatan

Cincau, alias janggelan, merupakan salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Cincau biasanya disuguhkan bersama es buah, cendol, ataupun kolak dan dijajakan pada banyak tempat. Es cincau hijau biasanya diberi tambahan santan dan cairan gula merah sehingga rasanya manis dan segar.

Selain dapat melepaskan dahaga di siang hari, cincau hijau ternyata memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Cincau sendiri terbuat dari daun cincau yang berwarna hijau. Tanaman cincau merupakan tanaman merambat dengan daun yang mengandung karbohidrat. Jadi jika dicampurkan dengan air maka kandungan sejenis karbohidrat tersebut menyerap cairan. Hasilnya akan seperti agar-agar.

Berikut adalah beberapa manfaat dari Cincau Hijau :

1. Mengatasi Diabetes Melitus

Daun cincau memiliki khasiat untuk mengobati diabetes melitus. Salah satu kandungannya yaitu bisbenzilsokuinolin serta klorofil bisa menstabilkan kadar gula darah. Kadar gula dalam darah sendiri dipengaruhi oleh kinerja hormon insulin. Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes melitus maka bisa mencoba ramuan daun cincau. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun cincau. Air rebusan tersebut kemudian diminum secara teratur dua kali dalam sehari.

2. Mengatasi Keracunan Karena Seafood

Beberapa jenis seafood bisa mengakibatkan keracunan. Kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalam daun cincau akan membantu mengatasi racun dalam tubuh. Cara menggunakannya yaitu dengan meremas 5-10 lembar daun cincau. Remasan tersebut akan mengeluarkan air berwarna hijau. Air remasan tersebut kemudian diminum dengan tambahan gula jawa.

3. Mengatasi Masalah Darah Tinggi

Senyawa S-S tetandrin dalam daun cincau dapat mengatasi masalah darah tinggi. Senyawa tersebut bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah akan mengalir lebih lancar. Pengobatannya sebaiknya dengan mengonsumsi daun cincau sebanyak 3 kali dalam seminggu.

4. Mencegah Osteoporosis

Daun cincau mengandung kalsium, magnesium serta fosfor yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel tulang yang keropos. Osteoporosis sendiri biasanya akan mulai dialami pada usia 30 tahunan ke atas. Jadi dengan mengonsumsi cincau hijau maka dapat mencegah masalah osteoporosis tersebut.

5. Mengatasi Penyakit Tumor dan Kanker

Tumor dan kanker merupakan dua penyakit yang perlu diwaspadai. Senyawa isokandrodendrin serta S-S tetandrin yang terdapat dalam daun cincau hijau juga dapat mematikan sel tumor. Senyawa tersebut juga meningkatkan sistem imun tubuh. Cara menggunakannya yaitu dengan merebusnya atau membuatnya menjadi agar-agar. Kita bisa mengonsumsinya sebanyak tiga kali sehari.

Tadi adalah beberapa manfaat dari sekian banyak manfaat Cincau Hijau bagi kesehatan. Oleh sebab itu cincau hijau menjadi salah satu alternatif makanan sehat sekaligus obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tag: articles

arif