Ingin Paru-Paru Anda Sehat? Lakukan Hal Ini.

 

Paru-paru dan jantung merupakan 2 dari beberapa organ vital dalam tubuh. Paru-paru merupakan organ tubuh yang ada di dalam dada yang melakukan peran utama dalam sistem pernafasan. Fungsi utama dari paru-paru adalah menukarkan oksigen dengan karbondioksida atau yang biasa dikenal sebagai proses bernafas. 

Menurut para ahli kesehatan dan jantung, salah satu zat yang berperan penting dalam pembentukan serta penyokong tugas jantung adalah Omega 3. Asam lemak Omega 3 dibutuhkan sebagai penyeimbang dari timbunan kadar lemak jahat dalam tubuh yang senantiasa menjadi penyebab utama berbagai masalah jantung. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh timbunan lemak jahat ialah stroke, serangan jantung, dan banyak lagi.

 Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti berikut ini.

  • Mengoptimalkan bernapas dengan hidung
    Filter yang terdapat di dalam rongga hidung akan membantu menyaring, melembabkan, dan menghangatkan udara yang Anda hirup. Dengan bernapas melalui hidung, maka udara yang dihirup akan tersaring lebih bersih.
  • Berhenti merokok
    Cara pertama untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Rokok adalah benda yang mengandung zat beracun seperti nikotin. Jika masuk ke dalam tubuh, zat ini akan merusak organ penting di dalam tubuh seperti paru-paru. Menurut survey yang dilakukan saat melakukan percobaan beberapa saat lalu, dokter telah membuktikan bahwa diantara 10 perokok aktif, 9 diantaranya mengidap penyakit paru-paru.
  • Hindari Polusi Udara
    Udara bersih akan mengurangi risiko paparan benda asing dari luar yang masuk kedalam paru-paru yang bisa merusaknya. Oleh karena itu, hindari sebisa mungkin asap kendaraan bermotor, atau asap dari pembakaran kayu atau sampah. Jika mengendarai sepeda motor sebaiknya menggunakan masker, agar tidak menghirup terlalu banyak asap kenalpot kendaraan. Waspadalah terhadap ancaman polusi udara dari lingkungan disekitar Anda. 
  • Meningkatkan jumlah udara dalam ruangan
    Udara di dalam ruangan juga bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru, seperti karpet yang tidak bersih, penyegar ruangan dengan bahan kimia, penggunaan lilin berlebihan, obat serangga semprot maupun bakar dll. Untuk itu bangunlah rumah Anda dengan dilengkapi ventilasi udara yang cukup dan juga agar tidak lembab. Ruangan yang lembab juga cenderung menghadirkan jamur, dan sporanya bisa terhirup dan menempel didalam paru-paru.
  • Minum air putih
    Air putih adalah obat dari segala penyakit di dalam tubuh. Air putih mengandung oksigen yang akan membuat paru-paru akan bekerja lebih optimal, seperti disegarkan oleh air putih. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan segala kotoran atau lendir yang ada di paru-paru. Minumlah air putih secukupnya 8 gelas per hari.
  • Mengkonsumsi makanan sehat
    Mengkonsumsi makanan sehat termasuk hal penting yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran  yang kaya vitamin dan mineral karena dapat memberi manfaat yang baik bagi paru-paru. Selain itu batasi konsumsi makanan cepat saji dan soda.
  • Olahraga rutin
    Dengan melakukan olahraga rutin anda bisa melatih pernafasan dan juga bisa mengencangkan otot-otot pernafasan sehingga bisa bernafas dengan baik. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat namun, juga bisa dengan melakukan olahraga ringan saja seperti jogging atau jalan kaki setiap pagi dan sore hari.

Itulah tips untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Adalah kewajiban kita untuk menjaga dan merawat pemberian-Nya untuk kebaikan dan kesehatan kita. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Salam!

Penyedia Perawat Home Care, Pendamping Orang Sakit, dan Perawat Lansia Profesional

Tag: articles