Gejala Umum Anemia

Apakah Anda menderita Anemia? Bisa jadi Anda sedang mengalami anemia tetapi tidak menyadarinya. Anemia adalah penyakit dimana seseorang kekurangan darah terutama zat yang dikenal dengan istilah hemoglobin. Tubuh Anda tidak memproduksi cukup sel darah merah. Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, yang membuat Anda merasa lelah dan juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Penyebabnya tentu saja dari berbagai faktor termasuk stress dan juga faktor genetik atau bisa juga dari gangguan-gangguan atau faktor lainnya. Oleh karena itu ketika muncul gejala-gejala tertentu pada tubuh seseorang tentu saja harus segera mengidentifikasi gejala penyakit anemia yang timbul tersebut dengan teliti untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Berikut adalah beberapa gejala penyakit Anemia :

1. Pusing

Pada penderita anemia keluhan pusing cukup sering terjadi. Anemia mengakibatkan berkurangnya atau terhambatnya produksi sel-sel darah merah atau hemoglobin, yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke jaringan serta organ vital. Jika suplai darah berkoksigen berkurang, maka tubuh akan menunjukkan ciri-ciri anemia berupa kelelahan yang tiba-tiba, kelemahan otot, meningkatnya detak jantung, kulit pucat, sesak napas, juga pusing.

2. Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala anemia yang sangat umum. Ini sering kali menjadi salah satu tanda awal masalah kesehatan pada orang-orang yang mengalami kehilangan energi yang tidak jelas sebabnya. Sejumlah jenis anemia, seperti anemia akibat kekurangan zat besi atau vitamin B12, dapat menyebabkan kelelahan ekstrim karena kadar rendah dari hemoglobin. 

3. Kulit Pucat

Gejala pucat mungkin menandakan adanya penurunan aliran darah atau produksi sel-sel darah marah. Kulit yang tiba-tiba menjadi pucat harus secepatnya diperiksakan ke dokter, terutama jika itu kemungkinan adalah gejala anemia akibat berkurangnya sel-sel darah merah. Anemia kronis (atau bertahap) jauh lebih sering mengalami ini dan terjadi jika tubuh tidak memproduksi cukup zat besi.

4. Kesulitan Berkonsentrasi

Kekurangan hemoglobin akan memengaruhi bukan saja produksi sel darah merah dan pengangkutan oksigen ke organ, otot, dan jaringan tubuh, tetapi juga berdampak pada suasana hati, tingkat energi, dan kemampuan membuat keputusan serta berkonsentrasi. Jika tubuh kekurangan nutrisi-nutrisi penting seperti folat, zat besi, dan vitamin B12, maka Anemia ringan saja sudah bisa membuat fungsi-fungsi tubuh Anda menurun.

5. Kram Kaki

Kram kaki saat melakukan aktivitas fisik, adalah gejala anemia lain yang umum terjadi. Namun penderita anemia parah mungkin mengalami kram kaki menyakitkan meski sedang beristirahat. Penderita anemia ringan dapat mengalami gejala kram kaki yang tidak terlalu parah saat berjalan, berlari, atau berdiri dalam waktu lama. Tetapi jika kram kaki disertai dengan keluhan sesak napas, pusing, kelelahan ekstrem yang tidak jelas sebabnya, kelemahan otot, dan kulit pucat, mungkin itu adalah ciri-ciri anemia yang lebih berat.

Tadi adalah beberapa gelaja yang timbul saat tubuh Anda sering terkena Anemia atau Kurang Darah. Jika anda mempunyai gajala seperti di atas, bisa jadi anda sedang mengidap kurang darah atau Anemia. Perawat dari Insan Medika adalah pilihan yang cocok menemani pasien Anemia, karena mereka akan menjaga, merawat dan menemani pasien selama 24 jam penuh. Jadi akan mempercepat proses penyembuhannya.

Tag: articles

arif