Atasi Diabetes dengan Makanan Ini!

Atasi Diabetes dengan Makanan Ini!

Diabetes yaitu pada saat gula darah dalam tubuh naik yang dihasilkan dari beberapa sumber makanan karbohidrat. Makanan karbohidrat yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang akan dilepas di dalam darah. Ketika gula darah meningkat di dalam tubuh maka tubuh akan melepas insulin yang membantu mengubah gula dalam darah lalu dimasukkan dalam sel tubuh yang dapat menjadi sumber energi tubuh.

Setiap orang pasti rawan terkena penyakit ini, terlebih lagi nasi adalah makanan keseharian orang Indonesia jadi memperbesar peluang kita untuk terkena penyakit ini. Oleh sebab itu kita harus mengontrol pola makan agar tidak terserang dan membuat semakin parah penyakit ini. 

Berikut adalah yang baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes : 

1. Brokoli

Sulforaphane pada Brokoli memicu proses anti inflamasi, mengontrol kadar glukosa darah, meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami dalam tubuh, serta meningkatkan produksi enzim yang mengendalikan senyawa kimia berbahaya penyebab kanker. Brokoli pun mengandung kromium yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

2. Cokelat Hitam

Cokelat kaya akan flavanoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat pengolahan glukosa darah, dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih. Kandungan flavanoid dalam cokelat juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, mengontrol tekanan darah, dan mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga 2% selama 5 tahun. Tapi ingat hanya cokelat hitam saja.

3. Blueberry

Penelitian yang dilakukan USDA menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 ½ gelas jus bluberry liar setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, mengatasi depresi, dan meningkatkan daya ingatnya. Hal ini dikarenakan bluberry mengandung antosianin, senyawa kimia alami yang mengecilkan sel lemak dan menstimulasi produksi adiponektin, hormon yang mengatur kadar glukosa darah.

4. Ikan

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar asam lemak omega-3 tertinggi di dalam darahnya akan mengalami inflamasi lebih rendah. Inflamasi dalam tingkat parah dapat memperburuk diabetes dan menyebabkan masalah berat badan. Jadi dengan mengkonsumsi Ikan dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, terutama stroke, yang merupakan salah satu komplikasi diabetes. 

5. Oatmeal 

Pemilihan sumber karbohidrat sangat penting bagi penderita diabetes karena berpengaruh besar pada kadar gula darah. Kerena Oatmeal kaya akan magnesium yang membantu tubuh memanfaatkan glukosa dan mensekresi insulin dengan baik. Oatmeal juga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung yang merupakan salah satu komplikasi diabetes.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan penderita diabetes. Jika seseorang terkena diabetes harus memperhatikan pola makannya terutama sumber karbohidratnya. Nasi yang sering kita makan sehari-hari ternyata penyebab utama orang terkena diabetes. Oleh sebab itu perhatikan porsi nasi Anda, usahakan porsi nasi yang sedang/sedikit tapi dengan lauk yang banyak, bukan malah sebaliknya. 

Butuh Home Care? Ingat Insan Medika

Tag: articles

arif