10 Makanan Sehari - hari Pencegah Diabetes

10 Makanan Sehari Hari Pencegah Diabetes

Apakah anda tahu bahwa penyakit diabetes itu bisa dicegah dengan makanan - makanan yang biasa kita konsumsi sehari hari? Ya bisa!. Makanan tertentu yang mengandung nutrisi bisa bermanfaat menstabilkan kadar gula darah, melindungi jantung anda, dan bahkan menyelamatkan pengelihatan anda dari efek diabetes yang merusak. 10 makanan ini lah yang bisa mencegah dan mengurangu diabetes dan komplikasinya.

  • 1. Buah Apel
Dalam sbuah penelitian di Finlandia menyebutka bahwa seseorang yang mengkonsumsi apel akan mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung sebesar 20%. bawang merah, tomat, sayuran berdaun hijau dan buah beri juga memiliki kandungan yang mirip dengan buah apel.
  • 2. Kayu Manis
Sebuah studi di Pusat Penelitian Nutrisi di Beltsville, Maryland, menemukan bahwa jika anda mengkonsumsi setengah sendok teh kayu manis setiap hari bisa membuat sel lebih sensitif terhadap insulin. Oleh karena itu, penelitian tersebut mengatakan, sel - sel tersebut mengubah gula darah menjadi energi. Setelah 40 hari mengkonsumsi berbagai jenis ekstrak kayu manis, penderita diaberes tidak hanya mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan, namun juga perbaikan besar pada tanda - tanda kesehatan jantung. Anda juga bisa menaburkan kayu manis pada makanan apa saja.
  • 3. Buah Jeruk
Studi menunjukan bahwa penderita diabetes cenderung memiliki kadar vitamin C yang rendah di tubuh mereka, sehingga buah jeruk yang mengandung antioksidan adalah pilihan makanan ringan yang tepat.
  • 4. Ikan Salmon
Menurut American Diabetes Association. Penyakit Jantung yang menyerang para penderita diabetes 2x lebih sering dibandingkan orang dengan penyakit lainya, Diet tinggi asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon, ikan sarden dan makarel dapat membantu anda menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol trigliserida sambil menignkatkan kadar kolesterol HDL.
  • 5. Daging Panggang/Steak
Selain protein, zat besi dan vitamin B yang baik untuk tubuh kita, daging juga mengandung senyawa yang merupakan bagian dari profil lemak daging sapi yaitu yang disebut asam linoleat terkonjugasi (CLA). Dokter Michael Murray dan Michael Lyon menunjukan dalam buku "Beat Diabetes Naturally" bahwa eksperimen telah menunjukan bahwa CLA bekerja untuk memperbaiki metabolisme gula darah yang terganggu dan juga tampaknya memiliki sifat anti kanker yang signifikan. Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan di norwegia melengkapi diet 180 orang dengan beberapa gram CLA dan melaporkan bahwa mereka kehilangan 9 persen dari berat badan mereka dalam 1 tahun
  • 6. Cuka
2 sendok makan Cuka yang dicampurkan kedalam makanan anda bisa membantu gula darah anda turun. sebuah studi di Arizona State University East menguji 3 kelompok orang yang berbeda beda untuk mengkonsumsi cuka, hasilnya gula darah mereka turun semua
  • 7. Sayur Bayam
Semua sayuran berdaun hijau adalah sumber lutein dan karotenoid yang bagus untuk mata. dimana untuk penderita diabetes masalah mata adalah komplikasi penyakit. Makanan ini juga sumber serat, vitamin B, zat besi, kalsium dan vitamin C.
  • 8. kacang kacangan
Studi menunjukan bahwa orang yang makan kacang secara terartur memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah dibanding orang yang tidak memakanya. kacang menjadi kunci agar kita dapat mengurangi porsi makanan kita karena kacang memiliki kalori yang tinggi
  • 9.kacang polong
kacang polong, kacang canneloni dan kacang merah adalah makanan tambahan yang sangatlah baik untuk dipadukan dengan sup, salad dan berbagai hidangan rendah lemak lainya. selain rendah lemak kacang polong juga mempunyai serat dan protein yang tinggi juga rendah kaloru dimana hal ini dapat membantu mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung. Serat akan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah anda, yang mencegah lonjakan gula darah yang memperburuk kontrol gula darah diabetes.
  • 10. Coklat Hitam/ DarkChocolate
Para peneliti di Tufts University menemukan bahwa Dark Chocolate dapat meningkatkan sensitivitas insulin, peningkatan sensitivitan berguna untuk mencega atau mengobati diabetes. terlebih lagi dark chocolate juga menghasilkan penurunan tekanan darah yang signifikan untuk menurunkan kolesterl LDL, dan memperbaiki fungsi pembuluh darah. Tetepi Ingat jang konsumsi terlalu banyak, coklat mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi.
Tag: articles