Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Memberikan MPASI Pada Buah Hati

Sebagai seorang ibu, ada banyak hal baru yang perlu kamu ketahui dan pelajari, terutama semua hal yang berhubungan dengan bayi dan anak. Ketika si kecil mencapai usia 6 bulan, dan sudah bisa dikenalkan dengan makanan padat. And sudah mulai harus siap menyiapkan MPASI (Makanan Pengganti ASI).

Resep MPASI 6 bulan biasanya menggunakan bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita, tidak harus mahal, yang penting mencukupi kebutuhan nutrisi bagi bayi. Bahan-bahan tersebut banyak berasal dari berbagai jenis sayuran, buah-buahan, biji-bijian, maupun jenis biskuit khusus bayi. Seiring perkembangan bayi dapat pula diberikan protein hewani seperti telur, ikan, atau daging yang dihaluskan.

Dalam membuat dan menyajikan resep MPASI 6 bulan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Berikan secara bertahap

perawatanbayi.com

Dalam memberikan resep MPASI 6 bulan, sebaiknya dilakukan secara bertahap baik dalam hal jumlah maupun jenis makanannya. Dalam hal jumlah, bayi jangan langsung diberikan makanan dalam jumlah yang banyak, cukup 2 sampai 3 sendok dulu supaya bayi dapat beradaptasi dengan makanan yang merupakan hal baru bagi dirinya. Seiring berjalannya waktu, jumlahnya dapat ditingkatkan sedikit demi sedikit.

Perhatikan Reaksi Alergi

bolehkah.com

Selalu perhatikan jenis makanan apa saja dalam resep MPASI 6 bulan yang menimbulkan reaksi pada bayi. Reaksi alergi yang ditunjukkan oleh bayi antara lain berupa muntah, diare, timbulnya ruam pada kulit, dan sebagainya. Jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi bisa berbeda antara bayi yang satu dengan lainnya, yang paling sering adalah dari telur, ikan, atau jenis kacang-kacangan.

Hindari pemberian garam, gula, dan madu

hellosehat.com

Dalam membuat resep MPASI 6 bulan, sebaiknya hindari pemberian garam, gula, dan madu dalam makanan bayi. Untuk garam dan gula alasannya karena ginjal bayi belum siap untuk mengolah dan memfiltrasi kedua zat ini. Tunggu sampai usia bayi sekitar 8 bulan, itu pun diberikan sedikit demi sedikit secara bertahap.

Dahulukan sayur daripada buah

solusisehatku.com

Dalam mengenalkan resep MPASI 6 bulan pada bayi, sebaiknya sayur diperkenalkan terlebih dahulu daripada buah. Alasannya adalah karena buah memiliki rasa yang lebih manis daripada sayur. Jadi, jika buah terlebih dahulu diperkenalkan kepada bayi daripada sayur, dikhawatirkan sang bayi tidak mau mengkonsumsi sayuran karena kalah bersaing dengan buah.

Kebersihan bahan dan alat

tutorialoka.com

Dalam proses pembuatan maupun penyajian resep MPASI 6 bulan, harus selalu dijaga kebersihan dan higienitasnya baik dalam bahan makanannya, proses pembuatan, maupun peralatannya. Sebab bayi sangat rentan menderita penyakit akibat makanan yang kurang higienis.

Nah beberapa hal-hal ini yang harus diperhatikan sebelum memberikan MPASI kepada si kecil.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita