Penyebab Amandel Bengkak

Amandel merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Organ ini berfungsi sebagai pencegah infeksi, terutama pada anak-anak. Seiring dengan perkembangan umur, sistem kekebalan tubuh mereka makin kuat dan perlahan-lahan tugas tonsil sebagai penangkal infeksi mulai tergantikan. Ketika peran amandel sudah tidak dibutuhkan lagi, kedua kelenjar ini kemudian berangsur-angsur menyusut.

Oleh kerena itu, penyakit ini perlu adanya perhatian khusus dari penderitanya, jika tidak maka penyakit akan bertambah parah dan menimbulkan faktor resiko yang lebih berbahaya lagi seperti terjadinya komplikasi dengan penyakit lainnya. 

Berikut adalah beberapa penyebab amandel anda menjadi bengkak : 

1.  Kurangnya Vitamin C 

Salah satu penyebab penyakit amandel adalah karena kurangnya vitamin C. Vitamin C ini sagat banyak sekali terdapat pada buah – buahan dan sayur – sayuran, buah yang dimaksud ini adalah seperti buah jeruk dan buah  lain – lainnya. Vitamin C juga berfungsi untuk mengobati penyakit sariawan. Dan Tubuh kita ini harus mengkonsumsi 500 mg dalam perharinya, agar terjadi keseimbangan yang cukup baik. Dan supaya terhindar dari penyakit – penyakit yang terbilang berbahaya.

 2. Kurang Minum Air Putih

Kurang mengkonsumsi Air Putih juga dapat menyebabkan sakit amandel. Air putih sangat baik dan bagus untuk kesehatan tubuh kalian. Fungsi dari air putih ini sangat lah banyak, salah satunya adalah untuk menetralisirkan kuman-kuman atau bakteri penyebab sakit amandel. Biasanya air putih ini memang harus di konsumsi delapan gelas perharinya. Dan akan lebih bagus lagi, jika kalian mengkonsumsi air putih ini setelah bangun tidur, karena khasiatnya akan sangat banyak sekali.

 3. Mengkonsumsi Makanan Sembarangan

Salah satu penyebab penyakit ini karena faktor dari makanan. Faktor makanan tersebut bisa berupa, makanan yang sudah mengandung bahan pengawet serta makanannya yang mengandung pewarna yang sangat mencolok. Biasanya makanan yang telah mengandung bahan – bahan berbahaya ini terdapat pada makanan yang berupa seperti ice cream, minuman, serta juga permen sepeti gulali yang ada di sekolah – sekolah anak. Maka dari itu, kalian harus segera menghindari makanan yang mengandung bahan – bahan berbahaya.  

4. Kurangnya Kebersihan Sebelum Makan

Penyebab dari penyakit ini juga bisa dari kurangnya kebersihan sebelum makan. Contohnya seperti tidak mencuci tangan disaat ingin makan. Nah, maka dari itu, kita harus memperhatikan kebersihan kita, terhadap makanan kita yang akan di konsumsi, agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

5. Sering Memakan Makanan Pedas 

Memakan makanan pedas juga dapat memicu sakit amandel. Biasanya makanan ini terdapat pada makanan yang berkuah, seperti bakso, soto, ataupun bakmi, serta makanan yang lainnya yang enak dikonsumsi saat tambahkan esktra sambal/saos. Oleh sebab itu jangan berlebihan mengkonsumsi makanan pedas agar tidak terserang penyakit amandel.

Tadi adalah beberapa penyebab sakit amandel. Jadi mulai sekarang perhatikan makanan / minuman yang akan kita konsumsi, agar terhindar sakit amandel. Untuk lebih banyak mengetahui tips-tips hidup sehat, Perawat dari Insan Medika dapat menemani dan mengingatkan anda untuk tetap menjalankan pola hidup sehat setiap harinya.  

Tag: articles

arif