Pencegahan Stunting di Hari Gizi Nasional 2018

25 Januari 2018 merupakan peringatan Hari Gizi Nasional yang ke 58. Fokus tema dari Hari Gizi Nasional kali ini adalah bersama membangun gizi menuju bangsa sehat dan berprestasi. Tema besar ini masih dipilih karena keadaan masyarakat Indonesia yang angka gizi buruknya masih tinggi.

Salah satu hal yang menjadi perhatian lain adalah kasus stunting. Stunting adalah anak yang punya tinggi badan lebih pendek dari standar usianya. Kasus ini jadi perhatian utama dalam peringatan Hari Gizi Nasional. Sub temanya sendiri adalah mewujudkan kemandirian keluarga dalam 1000 hari pertama kehidupan (HPK) untuk pencegahan stunting.

Related image

http://www.parenting.co.id

Ternyata stunting bisa terjadi sejak si Kecil di dalam kandungan, yang tentunya membuat Ibu khawatir. Kabar baiknya, akibat gizi buruk pada anak ini dapat dicegah. Yuk simak informasinya!

1. Optimalkan Asupan Nutrisi Selama Hamil

Image result for ibu hamil minum susu shutterstock

http://www.klikdokter.com

Ketika Ibu sedang menjalani program kehamilan atau sudah dinyatakan hamil oleh dokter kandungan, sebaiknya Ibu mulai mengoptimalkan nutrisi yang dikonsumsi. Harapannya, tumbuh kembang janin sesuai dengan usianya, termasuk organ tubuh, berat, dan tingginya. Nah, menurut rekomendasi dokter, mengoptimalkan asupan nutrisi bagi si Kecil sebaiknya dilakukan di seribu hari pertama kehidupannya, yaitu sejak di dalam kandungan sampai ia mencapai usia dua tahun. Oleh sebab itu, sejak awal kehamilan, Ibu bisa mulai rutin meminum susu yang mengandung Protein, Asam Folat, Serat Pangan, dan Kalsium.

2. Rutin Konsumsi Zat Besi

Related image

http://www.maalaimalar.com/Health

Tahukah Ibu, salah satu penyebab gangguan pertumbuhan anak ialah kekurangan zat besi sejak masa kehamilan? Oleh karena itu, Ibu bisa menambah porsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, daging sapi, dan sebagainya. Konsultasikan kepada dokter mengenai hal ini agar Ibu mendapat asupan zat besi yang cukup, ya. Apabila diperlukan, dokter kandungan Ibu akan merekomendasikan suplemen zat besi untuk dikonsumsi sehari-hari.

3. Perbaiki Gaya Hidup

Related image

https://www.romper.com

Bagaimana gaya hidup Ibu sebelum hamil? Apabila Ibu memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok, meminum alkohol, atau melakukan gaya hidup tak sehat lainnya, sebaiknya mulai dihentikan ya, Bu. Hal ini bisa berpengaruh kepada si Kecil di dalam kandungan, lho. Apalagi, apapun asupan yang masuk ke dalam tubuh Ibu, akan ikut diserap oleh si Kecil, baik itu positif maupun negatif.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan

Image result for menjaga kebersihan shutterstock

http://health.kompas.com

Tak hanya menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh, Ibu juga perlu memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Umumnya, daya tahan Ibu hamil menurun, sehingga rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit. Apabila lingkungan Ibu bersih dan sehat, risiko terserang berbagai penyakit juga ikut berkurang bukan?

Itu dia empat hal yang bisa Ibu lakukan untuk mencegah stunting sejak dini. Untuk para Ibu tidak perlu khawatir lagi dengan akibat gizi buruk tersebut.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Tag: articles

Akmelia