Lengkapi Makanan Terbaik Pendamping ASI untuk Balita

Ketika ASI sudah tak lagi mencukupi, balita usia 1-3 tahun mebutuhkan asupan makanan pendamping ASI (MPASI). Hanya saja makanan pendamping itu ternyata tak bisa sembarang pilih. MPASI biasanya mulai diberikan saat bayi sudah berusia 6 bulan. Setelah bayi berusia 6 bulan, kebutuhan gizi bayi bertambah dan ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Walau begitu, pemberian ASI masih diperlukan bayi setelah 6 bulan, WHO merekomendasikan sampai 2 tahun.

Related image

https://lifestyle.okezone.com

Makanan apa saja yang paling baik untuk MPASI?

Anda bisa memperkenalkan makanan selain ASI kepada bayi secara bertahap. Mulai dari makanan dengan konsistensi yang ringan sampai lebih kental, kemudian ke makanan yang agak bertekstur sampai makanan padat.

Mulailah dengan sereal bayi yang diperkaya dengan zat besi sebanyak 1-2 sendok makan, Anda bisa mencampurnya dengan ASI untuk mendapatkan kekentalan yang tepat. Atau, Anda juga bisa memberikan sup daging kental yang kaya zat besi. Zat besi dari makanan sangat diperlukan oleh bayi selepas 6 bulan karena kebutuhan zat besi bayi tinggi dan ASI saja tidak cukup untuk memenuhinya.

Beberapa makanan yang dapat Anda berikan saat menawarkan bayi makanan pertama kali adalah:

Related image

http://www.klikdokter.com

  • Sayuran tumbuk (pure), seperti wortel, labu, kentang, ubi

  • Buah tumbuk, seperti apel, pir, pisang, pepaya

  • Sereal bayi bebas gluten yang diperkaya dengan zat besi, campurkan dengan ASI

  • Bubur susu atau biskuit yang dihaluskan

Ingat, hindari penambahan garam, gula, madu, atau pemanis lainnya untuk makanan bayi Anda. Sertakan selalu sayuran sebagai makanan bayi Anda setiap hari.

Setelah bayi menerima makanan pertamanya tersebut, Anda dapat meningkatkan jenis makanan yang Anda tawarkan.

Image result for makanan bayi shutterstock

http://magazine.orami.co.id

  • Daging tumbuk

  • Kacang-kacangan tumbuh

  • Sayuran dicampur dengan kentang atau beras yang ditumbuk

  • Sayuran hijau tumbuk, yang berisi kacang polong, kol, bayam atau brokoli

  • Susu full cream, yogurt, krim keju. Tapi, usahakan susu formula bukan menjadi minuman utama bayi sampai bayi berusia satu tahun. ASI tetap menjadi makanan utama bayi.

Jika bayi Anda sudah bisa menerima makanan tersebut, coba perkenalkan bayi Anda pada makanan yang lebih bertekstur, seperti makanan cincang yang bertekstur agak kasar.

Sebaiknya berikan bayi makan setelah menyusui, bukan sebaliknya. Hal ini membuat bayi tetap ingin menyusui ASI sebagai sumber makanan utama mereka. Jika bayi makan terlebih dahulu kemudian menyusui, dikhawatirkan bayi akan kenyang dan tidak tertarik lagi dengan ASI.

Setelah bayi menerima satu makanan, Anda kemudian dapat menawarkan bayi dengan makanan lain, seperti buah-buahan, sayuran, dan daging lunak. Tunggu beberapa hari sebelum Anda mulai memperkenalkan makanan baru kepada bayi untuk menjamin bayi Anda tidak menunjukkan reaksi alergi.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan juga layanan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia