Kenali Jenis Diare pada Anak Berdasarkan Tingkat Keparahan

Setelah orangtua sebelumnya memahami jenis-jenis diare berdasarkan penyebabnya, kali ini membahas tentang diare berdasarkan keparahannya. Orangtua pasti bertanya-tanya, apa sih pentingnya memahami jenis diare berdasarkan tingkat keparahannya jika anak diare?

Seperti sebelumnya, ini berguna agar orangtua dapat melakukan penanganan yang tepat pada anak diare dengan tingkat keparahan tertentu. Anda pasti tidak mau kan, anak Anda diare akut tapi Anda salah memberikan pengobatan untuk diare ringan?

Nah, langsung saja kita bahas yuk jenis diare berdasarkan tingkat keparahannya.

Menurut familymedicine.ukzn.ac.za, terdapat tiga jenis diare berdasarkan tingkat keparahannya,

Diare Akut

blogmedia.web.id

Diare akut adalah diareyang terjadi secara mendadak dan berlangsung selama 2-14 hari. Pada umumnya, diare akut terbagi dalam diare non-inflamasi (infeksi zat yang diproduksi bakteri tanppa menyebabkan perut mulas) dan diare inflamasi (infeksi bakteri dengan gejala seperti anak flu dan mual).

Diare Persisten

dokterdigital.com

Diare jenis ini berlangsung selama lebih dari 14 hari dengan ciri-ciri diare inflamasi dan anak demam.

Diare Kronis/Disentri

klikdokter.com

Diare disentri merupakan jenis diare dengan tingkat keparahan tertinggi. Diare ini memiliki ciri-ciri diare inflamasi, khususnya infeksi bakteri pada usus halus. Ini membuat diare disentri sangat berbahaya jika terjadi pada anak-anak. 
Terlebih lagi, diare disentri berlangsung persisten atau lebih dari 14 hari (2 minggu) dan memiliki ciri-ciri khusus yaitu adanya darah pada feses/tinja anak. Khusus pada diare ini, Anda sangat diwajibkan untuk langsung menghubungi dokter. Karena bisa dibayangkan kan Anda, betapa menderitanya sang buah hati yang mengalami diare ini.

Jika buah hati anda mengalami diare, segera konsultasikan ke dokter agar segera ditangani.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita