Home ยป Coba 5 Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Coba 5 Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Coba 5 Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Nyamuk memang menyebalkan. Apalagi kalau Anda adalah orang yang gampang sekali digigit nyamuk. Wah, sampai kesal mungkin Anda melihat kulit bentol-bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk. Nah, untuk menghindari digigit nyamuk, biasanya Anda bisa melindungi diri Anda dengan memakai produk-produk anti nyamuk. Produk-produk anti nyamuk buatan mengandung bahan kimia DEET. Meskipun memang lembaga kesehatan dunia merekomendasikan penggunaan DEET, terkadang DEET dapat menyebabkan masalah kesehatan dan lingkungan.

Tapi, jangan sedih dulu, Anda juga bisa tetap bebas dari nyamuk tanpa harus menggunakan bahan anti-nyamuk buatan. Berikut adalah daftar bahan-bahan alami yang juga bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

1. Minyak lemon eucalyptus

Sudah digunakan sejak tahun 1940-an, minyak lemon eucalyptus adalah salah satu jenis bahan alami yang populer digunakan sebagai bahan anti nyamuk natural. Lembaga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sudah mengakui dan mengesahkan bahwa minyak lemon eucalyptus dapat digunakan sebagai bahan anti nyamuk secara efektif. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa larutan 32% minyak lemon eucalyptus dapat memberikan perlindungan sebesar 95% melawan gigitan nyamuk selama 3 jam.

Anda juga bisa membeli minyak ini di supermarket. Akan tetapi, pastikan bahwa minyak lemon eucalyptus yang Anda beli adalah minyak untuk obat anti nyamuk, bukan minyak lemon eucalyptus yang murni, karena kedua minyak itu berbeda.

2. Bunga lavender

Image result for bunga lavender shutterstock

https://cantik.tempo.co

Bunga lavender yang dihancurkan menghasilkan wangi-wangian dan minyak yang dapat berperan sebagai bahan anti nyamuk. Berikut cara membuat bahan anti nyamuk dari lavender:

  • Hancurkan bunga lavender sampai keluar minyaknya
  • Aplikasikan minyak tersebut kepada area tubuh Anda yang sering digigit nyamuk, misalnya lengan tangan atau tungkai kaki
  • Bisa juga Anda meneteskan minyak lavender ke kain bersin lalu menggosokkannya ke kulit Anda

Selain dapat mengusir nyamuk, minyak lavender juga dapat membuat kulit Anda terasa sejuk dan lembut.

3. Minyak kayu manis

Kayu manis alias cinnamon ternyata bukan hanya sekadar bumbu makanan saja. Menurut penelitian yang diadakan di Taiwan, minyak kayu manis juga bisa membunuh telur-telur nyamuk. Selain itu, minyak kayu manis juga bisa berperan sebagai bahan anti nyamuk yang melawan gigitan nyamuk dewasa.

4. Minyak ekstrak thyme

Image result for minyak ekstrak thyme shutterstock

http://doktersehat.com/jangan-asal-memilih-minyak-aromaterapi/

Untuk mengusir nyamuk penyebab malaria, minyak ekstrak thyme adalah salah satu minyak yang sudah terbukti kehebatannya. Cara membuatnya:

  • Campurkan 4 tetes minyak ekstrak thyme ke satu sendok makan minyak zaitun atau minyak jojoba
  • Untuk membuat larutan minyak ekstrak thyme yang lebih banyak, Anda dapat mencampurkan 5 tetes minyak ekstrak thyme ke 200 ml air.

5. Greek catnip oil

Greek catnip oil adalah minyak yang diambil dari tanaman bunga bernama Nepeta parnassica. Ekstrak minyak dari daun tumbuhan inilah yang bermanfaat untuk obat anti nyamuk. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat menjauhkan nyamuk dari Anda secara efektif selama 2 sampai 3 jam. Bahkan, para ilmuwan dari Iowa State University menemukan bahwa minyak ini dapat bekerja 10 kali lebih efektif dibandingkan DEET dalam mengusir nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *