Cegah Katarak dengan Kebiasaan Ini!

Penyakit katarak adalah suatu kondisi yang tidak bisa dihindari, karena merupakan salah satu proses penuaan. Katarak adalah kondisi kelainan mata yang menyebabkan adanya bagian yang sangat keruh pada lensa mata. Bagian yang keruh ini akan terus berkembang dibagian pupil dan iris sehingga menghilankan pandangan.

Usia paling awal terkena katarak biasanya sekitar 40 tahun, meskipun ada beberapa kasus yang lebih muda. Katarak sangat ditakuti karena ini kelainan yang menyebabkan angka kebutaan paling tinggi di dunia.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah mata katarak :

1. Lindungi Mata dari Sinar Matahari

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari akan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit dan katarak. Usahakan selalu menggunakan kacamata hitam dan topi bertepi lebar atau bila bisa hindari keluar ruangan antara jam 11 dan 3 siang.

2. Hindari Paparan Asap Rokok

Bahaya asap rokok sangat berbahaya untuk mata, salah satunya bisa meningkatkan resiko terkena katarak. Asap mengandung nikotin yang sangat berbahaya termasuk zat kimia yang akan merusak kebersihan mata. Anda bisa mencoba untuk tidak terkena asap rokok sejak masih muda.

3. Konsumsi Makanan Sumber Beta Karoten

Makanan ini sangat baik untuk mencegah katarak. Beta karoten adalah vitamin yang bisa larut dalam lemak karena itu sangat disarankan untuk dikonsumsi. Makanan yang menjadi sumber beta karoten misalnya adalah kangkung, wortel, papaya, lobak, sawi, ubi jalar dan bayam.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin E

Banyak orang menganggap bahwa hanya vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Namun ternyata vitamin E juga sangat dibutuhkan karena bisa menjaga proses penuaan dan kerusakan lensa mata. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E adalah seperti kacang almond, bayam, sawi, biji bunga matahari, minyak zaitun, mangga, cabai merah, alpukat dan berbagai jenis makanan lain.

5. Cek Mata Secara Teratur

Terkadang beberapa penyakit atau kelainan mata akan terdeteksi jika sudah parah. Karena itu melakukan pemeriksaan rutin untuk kesehatan mata sangat diperlukan. Cara ini akan membantu menemukan diagnosa dan deteksi awal kelainan mata yang terjadi. Langkah ini sangat baik jika dilakukan sejak masih anak-anak dan frekuensinya akan meningkat setelah berumur lebih dari 40 tahun.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah katarak. berbagai langkah alami mungkin tidak akan memberikan hasil dalam waktu yang cepat. Namun jika cara ini dilakukan sejak masih muda maka kemungkinan katarak tidak akan menghampiri Anda di usia lanjut.

 

Tag: articles