Cegah Asma Pada Si Kecil Dengan Makanan Ini

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Asma disebabkan oleh peradangan pada saluran napas, sehingga menghambat udara yang keluar dan masuk ke dalam paru-paru. Batuk, napas kembang kempis, adalah gejala penyakit asma yang paling mudah untuk dikenali. 
Disebutkan dalam laman www.webmd.com, asma merupakan penyakit jangka panjang yang sebenarnya bisa dicegah gejalanya sejak dini.
Para peneliti dari berbagai negara seperti Australia hingga Inggris mencoba menemukan makanan yang dapat meredakan gejala asma pada anak. Berikut ini makanan-makanan yang bisa Anda berikan pada si kecil untuk menghindari gejala penyakit asma.

Sayur dan Buah

 

kulineri.com

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi sedikit sayur dan buah memiliki peluang tiga kali terkena asma. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah asma pada si kecil adalah dengan banyak mengonsumsi banyak buah dan sayur. Sayur dan buah bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan dan membersihkan saluran pernapasan.

Susu

 

kspg.tv

Studi dari International Study of Asthma and Allergies in Childhood mengungkapkan bahwa kalsium yang terkandung dalam susu dapat mengurangi asma.Tak hanya itu, kandungan magnesium yang tinggi juga turut berperan dalam memperlancar aliran udara pada paru-paru.

Ikan

 

wartanasional.com

Anak-anak pada dasarnya membutuhkan omega 3 dan omega 6. Tapi pastikan bahwa asupan omega 3 dan omega 6 ini seimbang. Sebab, berdasarkan penelitian USDA, terlalu banyak omega 6 justru membuat paru-paru jauh lebih sensitif dan memicu terjadinya asma. Untuk mendapatkan asupan omega 3 dan omega 6 ini, Anda bisa memberikan asupan ikan untuk si kecil. Ikan salmon menjadi salah satu ikan sumber omega 3 dan omega 6 yang direkomendasikan.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi risiko sampai gejala asma pada si kecil. Semoga bermanfaat ya!

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik

Tag: articles

Vionita