Cara agar Tidak Mudah Terserang Influenza

Mungkin kita penasaran, kenapa musim hujan erat kaitannya dengan flu? Itu karena pada musim hujan udara menjadi lebih dingin dari biasanya. Pada kondisi udara seperti ini, virus flu dapat membentuk lapisan keras sehingga lebih mudah tersebar pada suhu dingin. Virus ini dapat dengan mudahnya mencair di dalam tubuh orang. Lapisan keras ini mencair saat virus memasuki saluran pernapasan. Kemudian sang virus langsung masuk ke dalam sel-sel saluran pernapasan dan menginfeksinya.

Flu disebabkan oleh virus yang sangat mudah menular, yang menginfeksi paru-paru, saluran pernafasan napas atas, dan menyebabkan gejala termasuk demam, sakit kepala dan nyeri otot. Dan tentunya akan sangat merugikan aktifitas rutin kita, karena flu bisa membuat kita jatuh sakit selama 6 hari.

Berikut ini adalah cara-cara terhindar dari Influenza :

1. Mencuci tangan

Ketika seseorang yang batuk atau bersin akibat flu, semburan cairan bisa menyebar pada radius satu meter – dan bisa menempel dan bertahan selama 24 jam pada gagang pintu, remote kontrol, keyboard komputer, kemudi mobil,  telepon, atau benda-benda lain yang seringkali kita pegang. Oleh sebab itu, disarankan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Gosok-gosok seluruh bagian tangan selama 20 detik atau lebih agar virus flu hilang dari tangan kita.

2. Berolahraga

Rutin berolahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Contoh olahraga yang bisa kita lakukan yaitu aerobik. Olahraga jenis ini bisa memompa jantung dan meningkatkan sistem kerja alami sel-sel tubuh dalam membunuh virus.

3. Jauhin Stress

Ternyata stress yang berpanjangan bisa membuat kita rentan terhadap flu. Tingkat stres yang tinggi dipercaya oleh para ahli dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita terhadap flu, dan bahkan memberikan gejala yang lebih buruk jika terkena. Cobalah latihan seperti yoga, pernapasan, dan meditasi untuk membuat pikiran tenang. Berfikiran positif adalah salah satu tips untuk menghindari stres tinggi.

4. Jauhi Asap Rokok

Asap rokok dapat membuat saluran hidung kita menjadi kering. Hal ini bisa berdampak buruk pada rambut halus yang berjejer di hidung dan paru-paru (silia). Padahal, silia bisa menyapu virus flu yang masuk melalui hidung. Perokok berat bisa terjangkit flu lebih sering dan biasanya lebih berat dibanding yang tidak merokok. Jika Anda perokok pasif, jauhi asap rokok agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

5. Tidur yang Cukup

Kurang tidur bisa meningkatkan hormon stres dan menyebabkan tubuh meradang sehingga rentan pada virus. Mendapatkan tidur yang kurang dari tujuh jam selama berminggu-minggu bisa membuat 3x lebih mungkin terinfeksi penyakit pernapasan, daripada jika kita tidur cukup delapan jam setiap malam, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 pada Archives of Internal Medicine.

Tidak maukan kegiatan sehari-hari kita terganggung karena flu ? Jadi ayo kita terapkan cara-cara tersebut agar kita terhindar flu. Apalagi saat musim hujan datang, pasti banyak orang yang akan terkena flu. Jangan sampai kita menjadi salah satu dari mereka yang terkena flu ya.
 

 

 

Tag: articles

arif