Apa Sih Efek Gangguan Makan yang Sering Terjadi?

Sudah sejak lama para ahli nutrisi menekankan pentingnya keseimbangan makanan sehari-hari. Sayangnya generasi muda saat ini tidak menyadari pentingnya keseimbangan makanan dan sering menyebabkan gangguan makanan. Terdapat banyak faktor yang memberikan kontribusi dalam hal ini dan selama periode tersebut, efek-efek dari gangguan makan mulai timbul.

Mempunyai bentuk tubuh ideal menjadi harapan setiap orang dan mereka rela melakukan apapun untuk mencapainya. Tidak memperhatikan apa yang dimakan atau bahkan terlalu memperhatikan makanan yang dimakan dapat memberikan efek yang sama-sama berbahaya, misalnya saja anorexia. Jika keadaan sudah memburuk, mungkin diperlukan bantuan obat-obatan untuk mencegah komplikasi yang akan memperburuk kondisi orang tersebut.

Apakah gangguan makan itu?

momjunction.com

Kita semua tentu setuju jika makanan harus dalam jumlah pantas setiap harinya. Setiap makanan yang dimakan harus memiliki keseimbangan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Saat kondisi ini tidak dipenuhi maka timbullah gangguan makanan. Gangguan makan dapat menyebabkan ketidakseimbangan tubuh sehingga tubuh gagal beradaptasi dan dapat meningkatkan berbagai penyakit, bahkan lebih buruk dapat mengancam jiwa. Saat ini penemuan tanda-tanda anorexia merupakan tipe gangguan makan yang paling sering terjadi.

Apa penyebab gangguan makan?

klikdokter.com

Saat ini penyebab terbesar gangguan makan pada remaja bahkan pada orang dewasa adalah:

  • Tingkat kepercayaan diri yang rendah

  • Terlalu memikirkan penampilan

  • Keinginan untuk meniru tokoh idola

  • Takut terhadap peningkatan berat badan

  • Kekecewaan yang berlebihan

  • Depresi

Seperti yang kita lihat diatas, penyebab terbanyak dari gangguan makanan disebabkan oleh lingkungan. Penampilan yang baik sering dihubungkan dengan tubuh yang proporsional dan tanpa lemak. Untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal dan tanpa lemak tersebut inilah yang menyebabkan beberapa orang, khususnya remaja melewatkan makanannya dan terlalu memperhatikan apa yang mereka makan setiap saat.

Apakah efek yang ditimbulkan dari gangguan makan?

titiknol.co.id

Setiap gangguan makan tentu akan menimbulkan permasalah pada tubuh. Setiap tahap perkembangan tubuh seseorang memerlukan keseimbangan nutrisi yang dihasilkan dari keseimbangan makanan. Bahkan pada tahap awal gangguan makan sudah dapat muncul efek terhadap tubuh, dan jika dibiarkan akan menimbulkan gangguan yang lebih serius.

Tanda-tanda awal dari gangguan makan dapat berupa kelelahan, pusing, gangguan tingkah lalu, konstipasi, gangguan tidur, dan penurunan konsentrasi.

Jika tanda-tanda tersebut tidak diatasi, dapat menyebabkan orang tersebut depresi, anemia, gigi tanggal, kerontokan rambut, penipisan otot, pengeroposan tulang dan tingkat pertumbuhan melambat. Hal ini dapat berbahaya dan mungkin menimbulkan akibat yang fatal.

Nah mulai sekarang mulai perhatikan keseimbangan makanan yang kamu konsumsi, jangan sampai ada kekurangan yang membuat tubuh beresiko mengalami gangguan.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles