Makanan perlu dijaga, terutama bagi kesehatan tubuh. Apalagi bagi seorang lansia mudah terserang penyakit, maka dari itu muali dari sekarang, jaga pola makan hidup sehat.

7 Makanan yang Perlu dihindari untuk Pasien Lansia

Menjaga pola makan seorang lansia ternyata bisa mempengaruhi kesehatannya loh. Yuk kita simak apa saja makanan yang perlu dihindari bagi seorang lansia.

Pada umumnya lansia rentan keracunan makanan, dan apabila itu terjadi akan berisiko fatal akibatnya. Maka dari itu jaga pola makan Anda mulai dari sekarang dengan menghindari makanan berikut ini.

  1. Beberapa Jenis Keju
    • Dianjurkan agar Anda menghindari konsumsi berbagai jenis keju seperti brie, camembert, shoft blue cheese, serta berbagai jenis keju lainnya yang tidak melalui proses pasteurisasi. Keju-keju ini lebih berbahaya bila dikonsumsi oleh seorang lansia karena keju ini tidak terlalu asam dan lebih lembab daripada keju lainnya, yang membuat mereka lebih mudah ditumbuhi oleh berbagai kuman penyebab keracunan makanan, terutama listeria. Memasak keju-keju ini dapat membunuh bakteri di dalamnya.
  2. Makanan Rendah Lemak
    • Perang melawan lemak telah berlangsung bertahun-tahun. Tidak sedikit orang yang benar-benar menghindari lemak sama sekali atas nama kesehatan. Padahal, menghindari makanan dengan lemak yang sehat bukanlah hal yang bijak.
    • Lemak sehat, seperti yang ditemukan pada ikan, kacang, dan minyak zaitun, memiliki manfaat yang melindungi jantung. Selain itu, lemak sehat juga dapat membantu lansia terhindar dari banyak penyakit.
    • Oleh sebab itu, penting untuk memilih asupan makanan yang mengandung lemak sehat seperti susu dan yoghurt. Lemak sehat ini menawarkan perlindungan otak, sendi dan merupakan cadangan energi untuk tubuh.
  3. Gula
    • Kebanyakan orang menghindari gula untuk menghindari kenaikan berat badan. Para peneliti telah menemukan bahwa terlalu banyak permen bisa membuat usia Anda berkurang. Ketika Anda makan gula, baik setengah liter dalambentuk es krim, permen atau karbohidrat dalam menu makan malam, tubuh Anda mengubah gula yang menjadi glukosa, salah satu masalah kesehatan yang utama terkait dengan glukosa adalah Diabetes.
  4. Garam
    • Terlalu banyak garam dalam diet Anda, dampak negatif tekanan darah Anda. Semakin tinggi tekanan darah, semakin besar tekanan pada jantung, ginjal, pembuluh darah dan otak. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Jumlah garam Anda makan memiliki efek langsung pada tekanan darah Anda.
  5. Daging Mentah
    • Beberapa hidangan daging mentah dianggap enak, baik itu daging merah hingga ikan laut. Sayangnya, jenis makanan ini harus dihindari lansia, karena daging mentah kerap mengandung bakteri jahat yang seharusnya mati saat dimasak sampai matang.
    • Paparan bakteri berhaya dalam daging mentah dapat membuat lansia terkena gangguan kesehatan. Alih-alih makan daging mentah, para lansia sebaiknya memilih untuk mengonsumsi daging putih tanpa lemak seperti ayam dan ikan laut yang dimsak hingga matang.
  6. Telur Mentah dan Telur Setengah Matang
    • Hindarilah mengkonsumsi makanan yang mengandung telur mentah atau telur setengah matang seperti mayonnaisse buatan sendiri dan berbagai jenis minuman yang menggunakan telur mentah untuk menambah stamina karena mungkin mengandung salmonella yang dapat menyebabkan terjadinya keracunan makanan.
    • Masaklah telur hingga bagian kuning maupun putih telurnya matang untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan makanan, jika Anda ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung telur mentah atau telur setengah matang, akna lebih aman bila Anda menggunakan telur yang telah dipasteurisasi.
  7. Kopi
    • Meminum terlalu banyak kopi dapat mempercapat proses kerutan pada kulit. Konsumsi kafein menyebabkan respons yang meningkatkan hormon kortisol. Penelitian menemukan kelebihan kortisol dapat menyebabkan kulit keriput dan kusam.

Nah, sudah tau kan makanan yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan Anda kedepanyan. Insan medika persada perusahaan yang melayani home care, caregriver, babby siter, dan lain-lain dapat membantu menemukan pelayan perawatan yang terbaik unruk keluarga Anda.

Jangan lupa kunjungi alamat website kami : www.insanmedika.co.id.

 

 

 

Tag: articles

annas