4 Cara Hindarkan Lelah Mental Saat Bekerja di Kantor 

Mengelola waktu bukan hanya soal berapa jam yang Anda miliki dalam satu hari. Tetapi ini juga berarti berapa banyak energi yang Anda miliki untuk mengatasi waktu-waktu yang membuat stres selama bekerja.

Perlu diketahui, otak dan tubuh butuh istirahat untuk melakukan regenerasi. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan menghindari melakukan pekerjaan pada jam kritis tersebut. Sebaliknya, kuncinya adalah Anda harus menghadapinya ketika punya mental dan stamina untuk melakukannya.

Josh Davis, penulis Two Awesome Hours mengungkapkan bahwa kita kadang tak sadar bahwa ada faktor-faktor yang mungkin bisa menghabiskan energi dan menuntun pada kelelahan mental.

"Bahkan beberapa cara umum di mana Anda menghabiskan waktu saat istirahat, yang seharusnya bertujuan untuk menyegarkan pikiran, malah justru mungkin bisa menimbulkan kelelahan," katanya.

"Sebagai contoh, kita sering menyalakan berita, memeriksa situs berita yang fokus melaporkan tragedi atau perkembangan politik menjengkelkan. Hal ini memerlukan banyak kontrol diri untuk mengelola reaksi spontan. Anda sangat mudah untuk merasa emosional, jadi hindari hal ini."

Jadi bagaimana cara mengatasi kelelahan mental selama bekerja? Mengutip Stylist, berikut empat cara mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Kerjakan Tugas yang Paling Kreatif Pertama Kali

Image result for working

abnamro.com

Ada benarnya juga secara ilmiah mengapa Anda harus menyelesaikan tugas paling penting pertama kali di pagi hari sebelum otak dipenuhi beragam masalah. Namun cobalah berpikir jika ada tugas kreatif dan menarik di hadapan Anda dibanding satu tugas yang membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan dan juga punya efek jangka panjang, mana yang Anda pilih? Seharusnya pilih yang kreatif terlebih dulu. Ini akan membuat otak Anda jadi 'panas' dan cemerlang.

2. Alokasikan Tugas 'lain' di Waktu Lainnya

Image result for working

istockphoto.com

Pertimbangkan dan bagi tugas Anda setiap harinya. Beri label masing-masing dari pekerjaan Anda sebagai keputusan penting, kreatif, atau lainnya. Dengan demikian Anda jadi tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dulu dan juga bisa melakukan tugas lain sesuai dengan tempat dan waktunya.

Mengetahui bahwa Anda sudah terjadwal untuk melakukan berbagai tugas akan membantu mengurangi stres Anda.

3. Cek Email pada Sore Hari

Related image

maybusch.com

Cobalah untuk mulai mengecek email selama satu jam di sore hari. Dan cobalah lihat apakah cara ini bisa membuat Anda jadi lebih fokus untuk melakukan tugas yang membutuhkan pemecahan masalah tinggi atau kreatif.

Jika tidak mungkin melakukan hal ini, maka cobalah sekali atau dua kali menggunakan cara ini agar jadi lebih fokus.

4. Buat Keputusan Kecil Sebelum Hari H

Image result for working

msecnd.net

Membuat keputusan kecil untuk hari H sejak semalam sebelumnya akan membuat perbedaan yang sangat besar. Misalnya, baju apa yang akan dipakai, sarapan apa atau bahkan sepatu yang akan dipakai. Mungkin terlihat sepele, namun hal ini sangatlah penting. Setidaknya ini mengurangi keruwetan pikiran Anda di pagi hari sebelum pergi bekerja.

Insan Medika merupakan provider homecare dan caregiver terbaik dan terpercaya. Segera temukan perawat professional pilihan Insan Medika dengan mengunjungi website kami.

Tag: articles

Chintya