3 Takjil Sehat Saat Berbuka Puasa

Meski secara harfiah memilki arti “menyegerakan” dalam berbuka puasa, takjil di Indonesia lebih identik dengan makanan yang digunakan untuk membatalkan puasa. Lebih spesifik lagi, makanan manis yang dihidangkan sebagai pembuka sebelum memulai makanan utama. Kolak, sup buah, dan bubur kacang hijau merupakan jenis-jenis takjil yang biasa Anda kenal.

Nah, kira-kira apa saja menu takjil yang bisa Anda santap, yang bukan hanya lezat tapi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan?

Kolak

Image result for kolak

https://www.dream.co.id

Panganan manis ini laris menjadi hidangan takjil saat berbuka puasa. Isinya bisa berbagai macam mulai dari ubi, pisang, biji salak, singkong, labu, dan lain-lain. Bahan-bahan ini kemudian dimasak bersama dengan gula merah dan santan. Sebagai bahan baku utama dalam kolak, umbi-umbian yang biasa dipakai ternyata mengandung manfaat bagi kesehatan. Ubi misalnya, merupakan sumber vitamin A yang baik. Satu buah ubi ukuran sedang mengandung kurang lebih 400% dari kebutuhan vitamin A harian Anda. Vitamin A dalam ubi ini tersedia dalam bentuk beta karoten, suatu senyawa dasar yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Ini menjadikan ubi memiliki fungsi menjaga kesehatan mata. Bagi mereka yang menderita diabetes, ubi merupakan salah satu pilihan sumber karbohidrat yang baik karena memiliki nilai indeks glikemik yang rendah dan dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa konsumsi ubi dapat mengurangi bertambah parahnya resistensi insulin pada penderita diabetes. Ubi juga bisa menjadi alternatif sumber potasium, satu buah ubi berukuran medium mengandung 542 mg potasium.

Bubur kacang hijau

Related image

http://www.majalah-holiday.com

Kacang hijau kaya akan mineral. Mangan, potasium, magnesium, folat, zinc, merupakan jenis-jenis mineral yang terdapat dalam jenis kacang yang dikenal pertama kali di India sebagai salah satu bahan baku untuk pengobatan tradisional. Dalam Journal of Human and Experimental Toxicology, penelitian terkait kacang hijau pada tahun 2011 menyatakan bahwa kacang hijau sangat efektif untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat atau LDL. Kacang hijau bekerja dengan cara memperbaiki kerusakan di pembuluh darah yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, antioksidan dalam kacang hijau juga berfungsi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Es blewah

Image result for es blewah shutterstock

https://lifestyle.kompas.com

Minuman segar merupakan salah satu menu wajib untuk berbuka puasa. Blewah merupakan salah satu buah yang populer saat bulan Ramadan untuk dijadikan takjil berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kadar airnya yang tinggi dapat membantu mengurangi dehidrasi setelah berpuasa. Kandungan antioksidan dalam blewah yang dikenal sebagai zeaxanthin berperan dalam menjaga kesehatan mata. Warna kuning dari blewah menandakan bahwa blewah mengandung beta karoten, suatu senyawa yang dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena asma, mencegah kanker prostat, dan kanker kolon. Beta karoten juga berperan sebagai bahan dasar pembentukan vitamin A sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A Anda. 

Namun hati-hati jika Anda membuat es blewah, pastikan gula dan sirup yang Anda pakai tidak terlalu banyak supaya tidak melebihi batas asupan gula harian Anda.

Jenis takjil apapun yang Anda pilih, pastikan tetap dikonsumsi sewajarnya. Karena meskipun suatu jenis makanan mengandung banyak manfaat bagi tubuh, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan tetap akan menimbulkan risiko penyakit.

Tag: articles

Akmelia