Ternyata Ini Manfaat dari Menangis

Kita sering menahan tangis agar terlihat tegar dan kuat, tapi siapa sangka hal yang kita tahan ini memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh kita. Secara psikologis, menangis disebabkan karena adanya luapan emosi / perasaan manusia. 

Seseorang menangis bisanya disebabkan karena sedih, kecewa, senang, terharu bahkan saat tertawa seseorangbisa dapat menangis. namun menangis dapat disebabkan dari faktor luar. Seperti mata kelilipan misalnya, secara otomatis mata kita akan mengeluarkan air mata atau menangis, guna untuk mengeluarkan kotoran / benda yang masuk dalam mata.

 

Nah ini beberapa manfaat dari menagis : 

1. Membunuh Bakteri

Air mata memiliki zat yang dapat membunuh bakteri yang disebut dengan Lisozim. Lisozim merupakan cairan antikuman yang dapat membunuh 90% hingga 95% bakteri dalam 5 hingga 10 menit yang tertinggal pada handphone, gagang pintu, mouse komputer dan tempat - tempat bersarangnya bakteri lainnya. Jadi sebenarnya kita tidak perlu obat tetes mata karena ternyata mata kita sendiri memiliki cairan yang ampuh dalam membunuh bakteri.

 

2. Menyehatkan Mata

Air mata adalah cairan yang keluar dari mata ketika seseorang sedang menangis. Cairan ini bermanfaat untuk melembabkan mata dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Mata juga dapat menjadi kering apabila kekurangan cairan yang melumasi mata itu sendiri. Kandungan air dalam mata juga akan mempengaruhi kualitas penglihatan. Dengan kadar air dalam mata yang rendah, mata juga akan cenderung susah untuk melihat dan mudah lelah ketika melihat sesuatu dengan fokus dalam beberapa waktu saja. Dengan adanya air mata, penglihatan akan menjadi lebih jernih dan mata dapat terhindar dari masalah mata kering.

 

3. Mengurangi Stress

Saat seseorang merasa tertekan dan stress, terkadang merasa seperti ada beban yang dialami. Stress sebenarnya juga menghasilkan bahan kimia dan juga hormon yang berdampak buruk bagi tubuh kita. Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

 

4. Mencegah Flu

Ternyata dengan menangis dapat mencegah flu, penyebab terjadinya flu yakni karena adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri penyebab flu dapat masuk ke dalam tubuh dari bagian tubuh manapun, termasuk dari mata. Bakteri ini dapat dikeluarkan kembali melalui menangis. Air mata yang disebabkan karena menangis memiliki kandungan zat lisozim fluida dimana zat ini dapat membunuh bakteri. Oleh karena itu, menangis dapat membantu mencegah terjadinya flu dengan membunuh bakteri penyebab flu dengan beberapa zat yang terkandung di dalam air mata itu sendiri.

 

5. Mengeluarkan Racun

William Frey adalah seorang ahli biokimia yang melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukanbahwa air mata yang keluar dari hasil menangis itu mengandung racun, karena emosional ternyata mengandung racun. Dengan menangis menandakan bahwa racun yang disebabkan oleh emosional tersebut sedang kita keluarkan lewat air mata kita.

 

Nah sekarang kita tahu manfaat dari menangis. Jadi jangan ragu untuk menangis, asalkan dengan alasan tepat dan disaat yang tepat ya, lebih baik lagi jika menangis karena bahagia. 

 

Tag: articles

arif