Sering Mudah Lelah? Ternyata Ini Penyebabnya

Rasa lelah atau capek tentunya dapat disebabkan dari beberapa hal. Mulai dari banyaknya aktivitas, kondisi psikologis, hingga gaya hidup. Namun bila rasa letih ini terjadi terus-menerus, atau datang saat kita tidak melakukan aktivitas berat, tentu harus diwaspadai. Apalagi bila rasa lelah tersebut berhubungan langsung dengan penurunan stamina.

Image result for kurang stamina shutterstock

http://doktersehat.com/

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kenapa Anda mudah merasa letih dan kurang bertenaga. Seperti ulasan webmd.com setidaknya ada poin-poin mengapa seseorang mudah merasakan lelah?

Makanan Anda

Related image

https://www.shutterstock.com/video

Mengonsumsi kafein dan gula bisa menyebabkan seseorang merasa lebih lelah karena gula darah yang berfluktuasi drastis. Untuk keseimbangan gula darah yang lebih baik, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur, buah, dan sumber protein yang rendah lemak.

"Banyak orang merasa tidak mudah letih bila mengonsumsi makanan sehat. Menyantap makanan sehat berarti pertambahan berat badan yang sedikit dan mencegah obesitas yang merupakan faktor penyebab timbulnya lelah," kata  J. Fred Ralston Jr., MD, mantan presiden American College of Physicians.

Kualitas tidur

Related image

http://arvadachamber.org/

Anda mungkin memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang buruk. Bagi mereka yang kekurangan jam tidur sebaiknya hindari kafein beberapa jam sebelum tidur, matikan televisi dan gadget, dan bikin suasana kamar yang tenang dan nyaman.

Jarang olahraga

Related image

https://www.gulalives.co/

Ralston mengatakan, olahraga rutin adalah salah satu resep bagi yang kerap mengalami kelelahan. Olahraga atau latihan disarankan harus selesai 3 jam sebelum tidur sehingga tubuh mengalami cukup pendinginan.

Olahraga tak membuat letih. Olahraga justru memproduksi energi. Beberapa orang yang berolahraga justru tidak merasa letih dibandingkan yang tidak melakukan aktivitas fisik.

Ralston merekomendasikan latihan selama 40 menit sedikitnya 4 kali seminggu. Pola ini harus terus dilakukan selama sebulan, maka letih dan lelah akan perlahan membaik. Kondisi akan semakin bagus, bila latihan terus berlanjut sampai 3-6 bulan  ke depan. Anjuran ini sebaiknya diikuti juga dengan tidur yang cukup.

Depresi

Image result for depresi shutterstock

https://tirto.id/

Bila merasa lelah disertai sedih, kehilangan selera makan, dan tidak bisa menikmati hal yang menyenangkan, kemungkinan depresi sedang mengintai. Sebaiknya segera ke dokter atau terapis untuk mendapatkan kembali perasaan yang lebih baik.

Penyakit jantung yang tak terdeteksi

Image result for sakit jantung shutterstock

https://magazine.job-like.com/

Keletihan bisa menjadi gejala adanya masalah pada jantung, terutama pada wanita. "Jika seusai olahraga tetapi tak merasa baik, mungkin menjadi peringatan adanya masalah pada jantung. Bila ada keraguan, segera kunjungi dokter," kata Ralston.

Disarankan bagi mereka yang sering merasa kelelahan untuk lebih dulu mengevaluasi dan membenahi tiga hal paling mendasar, yaitu pola tidur, makan, dan olahraga. Karena terkadang membenahi hal sederhana dapat memperbaiki semua masalah.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia.

Tag: articles