Sering Kesemutan? Hati - Hati dengan Penyakit Ini...!!!

Kesemutan pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Bahkan anak-anak juga pernah merasakan kesemutan. Kesemutan akan menyebabkan rasa sakit dan tertusuk-tusuk pada bagian kaki atau tangan. Ketika memaksa untuk bergerak pada bagian yang kesemutan maka akan merasa sangat tidak nyaman. 

Kesemutan terjadi karena ada aliran darah yang terhenti dari pembuluh darah ke titik syaraf tertentu pada bagian kaki dan tangan. Kesemutan paling sering terjadi pada orang yang sudah duduk dalam posisi tertentu seperti bersila dan posisi lain dalam waktu yang sangat lama. 

Berikut adalah beberapa penyakit yang ditandai dengan Kesemutan : 

1. Stroke

Kesemutan dapat jadi tanda stroke ringan. Biasanya disebabkan sumbatan pada pembuluh darah di otak, yang mengakibatkan kerusakan saraf setempat. Gejala lain yang muncul: rasa kebas separuh badan, lumpuh separuh badan, buta sebelah mata, sukar bicara, pusing, penglihatan ganda dan kabur. Gejala berlangsung beberapa menit atau kurang dari 24 jam. Biasanya terjadi waktu tidur atau baru bangun. Kondisi ini harus ditangani karena bisa berkembang menjadi stroke berat.

2. Diabetes Melitus

Pada pasien Diabetes Melitus, kesemutan merupakan gejala kerusakan pada pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung saraf berkurang. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengendalikan kadar gula darah secara ketat, juga mengonsumsi obat seperti gabapentin, vitamin B1 dan B12.

3. Rematik

Penyakit Rematik juga bisa menimbulkan kesemutan. Dalam hal ini saraf terjepit akibat sendi pada engsel, misalnya sendi pergelangan tangan, berubah bentuk. Gejala kesemutan biasanya hilang sendiri bila rematik sembuh.

4. Neuropati

Kesemutan yang terjadi tanpa sebab dikatakan pakar merupakan gejala penyakit neuropati. Dalam kadar ringan, neuropati hanya akan menyebabkan seseorang tidak nyaman ketika sedang duduk.Namun jika tak ditangani dan dibiarkan, seseorang bisa saja mengalami kematian saraf yang bisa menyebabkan kelumpuhan.

5. Deep Vein Thrombosis

Disebut juga pembekuan darah di pembuluh darah vena dalam bisa terjadi jika Anda sering kesemutan dan duduk lebih dari 90 menit berturut-turut. Jika dibiarkan, deep vein trombosis bisa menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan pecah pembuluh darah. Ketika deep vein trombosis terjadi, beberapa gejala yang bisa muncul yakni kaki terasanya nyeri, bengkak, kemudian disertai perubahan warna kulit yang kemerahan. Kemudian, kulit juga terasa hangat.

Nah, mulai sekarang jika anda sering terkena kesemutan jangan dianggap remeh ya, bisa jadi itu adalah tanda dari penyakit yang disebutkan di atas. 

Tag: articles