Selamat Hari Gizi Nasional! Ini 5 Makanan Wajib Kaya Gizi

Setiap tahunnya, Indonesia memperingati hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari. Tepat hari ini juga, Anda perlu membiasakan hidup sehat dengan cara mengutamakan makanan kaya gizi yang akan menjaga tubuh dari penyakit, membuat Anda sehat dan bugar. Nah, siapa yang tidak mau dengan semua tawaran seperti itu?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa makanan kaya gizi yang sangat baik dikonsumsi, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran anda. Ini dia daftar lengkapnya.

1. Susu

hellosehat.com

Susu Biasanya dianggap sebagai makanan pelengkap 4 sehat 5 sempurna. Susu berada dipuncak daftar makanan yang paling bergizi di dunia. Diperkaya dengan berbagai nutrisi, susu merupakan makanan ideal untuk segala usia. Dari seorang anak hingga orang tua, setiap orang harus minum susu secara teratur.

2. Telur

hellosehat.com

Telur merupakan sumber terlengkap dari banyak sekali nutrisi esensial yang sulit didapatkan dari makanan lain.

Telur kaya antioksidan yang mencegah gangguan mata degenerasi makular dan katarak. Meski memang kuning telur memiliki banyak kolesterol, namun jika Anda tidak memiliki masalah dengan penyakit jantung dan kolesterol, aman-aman saja makan 2 butir telur setiap harinya.

3. Yoghurt

news.com.au

Yoghurt mengandung organisme probiotik, yang menguatkan bakteri menguntungkan dalam tubuh. Bakteri-bakteri bermanfaat membantu melindungi dari segala macam penyakit. Yogurt juga merupakan sumber yang sangat baik dari kalsium untuk tulang yang kuat.

4. Daging Merah

lifestyle.sindonews.com

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, daging merupakan sumber untuk mendapatkan zat besi. Selain itu juga kaya protein dan omega-3. Tentu saja tidak boleh makan banyak-banyak, jika Anda tidak mau terkena masalah kolesterol. Pilih daging tanpa lemak agar lebih sehat.

5. Gandum

nestle-cereals.com

Gandum dapat berupa Roti Gandum. Gandum mengandung jenis serat larut yang dikenal sebagai beta-glukan (beta-glucan). Serat ini membantu mengurangi kadar kolesterol, dan menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Sebuah studi menegaskan bahwa makan makanan berserat tinggi, seperti gandum, membantu mencegah penyakit jantung. Mereka mencatat bahwa yang mengkonsumsi serat makanan larut mengalami penurunan 15 persen terhadap penyakit jantung.

Jadi, rayakan Hari Gizi Nasional hari ini dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk para wanita ini ya! Selamat Hari Gizi Nasional!

Tag: articles

Vionita