Kenali Tanda-Tanda Cacingan

Penyakit cacingan pada manusia sering dimanifestasikan oleh parasite cacing yang hidup di usus besar dan usus halus. Cacing-cacing ini bisa bertahan hidup Karena mendapat nutrisi dari menyerap darah di dinding usus dan sari makanan yang kita makan.

Cacingan tak hanya sering terjadi pada anak kecil, tapi orang dewasa pun juga bisa mengalami penyakit satu ini. Biasanya, cacingan adalah satu kondisi yang disebabkan oleh kurangnya kebersihan diri dan lingkungan dan ini juga dikarenakan adanya kekurangan kesadaran terhadap manfaat kebersihan itu sendiri. Jika diabaikan atau tidak diobati, cacingan bisa menyebabkan kekurangan gizi, kekurangan zat besi, berat badan rendah dan mempengaruhi kesehatan fisik. 

Berikut adalah ciri-ciri orang yang terkena cacingan :

1. Diare

Nyeri yang disebabkan oleh cacing yang memakan sari-sari makanan membuat diare terjadi. Diare merupakan kondisi di mana saat Anda buang air besar, feses atau tinja teksturnya begitu cair atau lembek yang dalam 24 jam bisa terjadi sekitar 3 kali atau bahkan bisa lebih. Diare akan disertai rasa nyeri timbul pada perut Anda.

2. Batuk Tak Kunjung Sembuh

Orang yang cacingan bisa mengalami batuk-batuk yang terlalu lama sembuhnya, mirip dengan adanya gangguan paru-paru. Karena sejumlah jenis cacing ternyata bisa hidup dengan baik di dalam paru-paru yang akan membuat si penderita batuk-batuk berkepanjangan yang sulit sembuh.

3. Turunnya Nafsu Makan

Nafsu makan otomatis akan menjadi turun ketika Anda mengalami cacingan karena cacing-cacing akan otomatis memakan sari makanan yang Anda konsumsi. Karena timbul rasa nyeri yang juga diikuti dengan diare sehingga ini bisa membuat Anda enggan untuk makan dan makanan yang masuk pun akan dengan mudah keluar karena diare.

4. Pucat dan Tidak Bersemangat

Untuk kondisi satu ini, ada kaitannya dengan nafsu makan yang berkurang sehingga otomatis tubuh pun tak terisi dengan asupan nutrisi yang cukup. Apabila tubuh tidak memperoleh apa yang seharusnya diperoleh, memicu wajah pucat dan tubuh serasa lesu sehingga memberikan kesan bahwa Anda tidak bersemangat. Keluarnya terlalu banyak cairan melalui kondisi diare juga merupakan penyebab ciri satu ini.

5. Nafsu Makan Bertambah

Ada juga yang mengalami penambahan nafsu makan ketika cacingan. mau sebanyak atau sesering apapun Anda makan tidak peduli sebaik apa nafsu makan Anda. Bobot tubuh Anda tidak akan mengalami peningkatan sama sekali, karena cacing-cacing di dalam tubuh Anda telah memakan sebagian besar dari makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Apabila ada anggota keluarga yang terkena cacingan, sebaiknya pengobatan diberikan untuk seluruh anggota keluarga untuk mencegah/mewaspadai terjadinya penularan cacingan tersebut. Selama masa pengobatan hindari penularan cacingan ke anggota keluarga lain dengan cara mencuci tangan dengan sabun setiap habis ke toilet atau sebelum menyentuh makanan, hindari juga untuk menyentuh mulut dengan tangan yang belum dicuci. Untuk mencegah terjadinya cacingan, Anda dianjurkan minum obat cacing setiap enam bulan satu kali. 

Tag: articles

arif