Kenali Macam Penyakit Mata yang Bisa Menyerang Anak

Banyak macam penyakit mata yang bisa menyerang buah hati anda. Sebagian besar mugkin dapat dikenali sejak awal, namun ada beberapa penyakit mata pada anak yang sering luput dari perhatian orang tua. Hal itu tentu saja akan berakibat buruk bagi penglihatan anak di kemudian harinya.

Penyakit mata pada anak bisa terjadi karena merupakan penyakit bawaan atau bisa juga karena terinfeksi bakteri maupun virus. Apapun penyakit mata yang diderita oleh anak sebaiknya mendapatkan perhatian dan penanganan sejak dini agar tidak membuat penglihatan anak semakin memburuk.

pondokibu.com

Berikut ini adalah macam-macam penyakit mata pada anak dan balita yang perlu anda ketahui:

Mata Juling

Mata juling dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali anak-anak. Macamnya pun berbeda-beda, mata juling karena bawaan atau mata juling bukan karena bawaan. Mata juling bawaan biasanya terjadi sejak bayi dilahirkan. Sedangkan yang bukan bawaan dapat disebabkan karena tumor ganas, gangguan syaraf dan kerusakan pada bagian otak.

Rabun senja

Rabun senja adalah salah satu penyakit yang sudah familiar di telinga orang. Seseorang yang terkena rabun senja ini biasanya tidak akan bisa melihat ketika waktu sudah mulai senja. Salah satu penyebab penyakit rabun senja pada anak-anak adalah kurangnya asupan vitamin A.

Retinoblastoma

Retinoblastoma merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh neoplasma yang terdapat pada neuroretina atau sel batang dan sel kerucut, dengan kata lain penyakit mata ini biasa disebut juga dengan tumor ganas. Penyakit ini adalah salah satu penyakit turunan yang sering dialami oleh anak-anak. Namun, selain karena keturunan penyakit mata ini juga bisa terjadi karena lingkungan anak terutama pada saat proses persalinan.

Katarak

Katarak merupakan penyakit mata yang dapat menyerang siapa saja, tapi biasanya banyak terjadi pada orang dewasa. Namun bayi dan anak-anak memiliki kemungkinan terkena katarak, katarak pada anak dapat disebabkan oelh terjadinya infeksi. Masalah metabolisme. Keturunan maupun bentuk. Ciri-ciri penyakit katarak pada anak yang paling nampak biasanya adalah munculnya bercak putih pada lensa mata.

Bufthalmus

Bufthalmus merupakan pembesaran bola mata yang disebabkan oleh tekanan bola mata yang tinggi. Bufthalmus yang terjadi pada anak dapat menyebabkan kerusakan mata. bahkan anak bisa kehilangan penglihatan. Tanda-tanda dari penyakit mata ini adalah pemesaran bola mata dan adanya bercak putih pada kornea.

Infeksi Mata

Infeksi mata biasanya terjadi dengan gejala seerti mata merah, mata pedih, agak bengkak dan sering mengluarkan air mata dan juga kotoran. Infeksi mata disebabkan oleh bakteri virus, alergi atau bahan kimia. Cara pencegahan mata pada anak dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan.

Itulh macam-macam penyakit mata yang dapat menyerang si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Pilihlah layanan home care kesehatan yang tepat untuk keluarga anda tercinta. Anda dapat kunjungi Insan Medika untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Tag: articles

Vionita