Kafein Ternyata Bermanfaat

Pasti kita sering dengar dengan kata " Kafein " dan jika kita tanya dimana kita dapat menemukannya, pasti kita akan menjawab di dalam kopi. Tapi tak hanya kopi saja loh yang mengandung kafein, ternyata ada makanan / minuman lain yang sering kita temui sehari - hari juga mengandung kafein, seperti teh, cokelat, minuman berenergi dan bahkan permen karet. Dan Beberapa obat-obatan seperti obat diet dan obat pencahar juga bisa mengandung kafein. 

Trimethylxanthine atau kafein, adalah senyawa stimulan yang secara alami terdapat dalam beberapa jenis makanan dan minuman. Kafein katanya seperti amfetamin kokain, bahkan heroin, karena kafein dan jenis obat - obatan tersebut bekerja dengan cara yang sama, yaitu menstimulasi kerja otak. Dalam bentuk aslinya, kafein berupa bubuk kristal berwana putih dan rasanya sangat pahit.

 

Berikut adalah manfaat dari Kafein :  

 

1. Mencegah Penurunan Funsi Otak

Mengkonsumsi Kafein ternyata dapat mencegah penurunan fungsi otak loh. Beberapa penelitian menyebut dengan mengkonsumsi kafein dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson. Penelitian lain juga mengungkapkan, kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak yang diakibatkan oleh usia lanjut.

 

2. Mengurangi Rasa Ngantuk

Untuk manfaat yang satu ini pasti kita sudah sering dengar bahwa kafein dapat menghilangkan ngantuk. Yak itu benar, karena kafein menstimulasi kerja otak jadi membuat kita menjadi terjaga dari ngantuk. Jika anda sedang kerja lembur atau ingin menonton pertandingan bola pada tengah malam, kafein pilihan yang cocok untuk menemani anda.

 

3. Meningkatkan Tekanan Darah

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah setelah mengkonsumsinya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kafein mungkin menghambat hormon yang membantu relaksasi dan dilatasi pembuluh darah. Kafein juga memicu tubuh mengeluarkan hormon adrenalin, yang dapat menaikkan tekanan darah. Suatu penelitian dilakukan terhadap mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dantidak. Pada penderita hipertensi 250 mg kafein dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah yang berlangsung selama 2-3 jam. Sementarapada mereka yang tidak memiliki hipertensi, konsumsi 160 mg kafein saja sudah dapat menaikkan tekanan darah.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Ternyata Kafein juga dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan. Ini dikarenakan kafein dapat menekan nafsu makan dan menstimulasi terjadinya termogenesis. Termogenesis adalah suatu mekanisme tubuh yang bekerja dengan cara mengubahmakanan menjadi panas dan energi. Meskipun belum dapat dibuktikan sepenuhnya, tetapi tidak sedikit produk-produk pelangsing tubuh yang menggunakan kafein sebagai salah satu komponennya.

 

5. Meningkatkan Perfoma Dalam Olahraga

Kafein dapat meningkatkan performa saat melakukan olahraga ketahanan atau endurance (seperti misalnya maraton). Mengkonsumsi kafein yang dicampur dengan karbohidrat setelah berolahraga dapat membantu mengembalikan kadar glikogen dalam otot lebih cepat. Selain itu kafein juga dapat meredakan gejala sakit otot yang biasa muncul setelah berolahraga.

 

Tadi adalah beberapa manfaat yang kita dapat dari mengkonsumsi kafein. Jadi kafein yang sering kita dengar selalu memiliki dampak negatif, ternyata ada dampak positifnya juga, asalkan tidak mengkonsumsinya secara berlebihannya ya.

 

 

Tag: articles

arif