Home ยป Waspada 6 Tanda ini, bararti Anda Mengalami Gejala Stroke

Waspada 6 Tanda ini, bararti Anda Mengalami Gejala Stroke

Mengerikan ya jika tanda-tanda itu terjadi pada diri kita, semoga saja itu tidak akan pernah terjadi. Karena saya akan membahas tanda-tanda yang dapat anda pahami dari gejala stroke.

Apa itu Stroke?

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan darah.

Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian otak akan mati.

Kondisi ini akan menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Apa saja gejala-gejala Stroke?

1. Tekanan Darah

  • Saat angka sistolik Anda berada di antara 120-139, atau jika angka diastolik (angka bawah) berkisar di 80-89, ini artinya Anda memiliki “prehipertensi”. Meskipun angka ini masih belum bisa di angggap hipertensi, tetap saj ini di atas angka normal. Orang – orang yang sehat juga dianjurjkan untuk melakukan langkah pencegahn untuk menjaga agar tekanan darah tetap berada dikisaran normal, sekaligus menghindari resiko hipertensi dan penyakit jantung. Apabila pembacaan tekanan darah Anda berada di atas180/110 mmHg, atau jika memiliki tekanan sistolik atau diastolik yang lebih tinggi dari angka ini, Anda beresiko menghadapi masalah kesehatan yang sangat serius.

2. Maknan Tidak Sehat

  • Berikut ini makanan yang sehat :
    • Alpukat yang kaya lemak sehat, Kalium dan Vitamin C.
    • Apel, Karena banyak mengandung serat, Vitamin C, dan antioksidan lain.
    • Jeruk yang tinggi kandungan Vitamin C.
    • Buah-buahan Berry, seperti Blueberrry dan Strawberry.
    • Pisang, sebagai salah satu sumber Kalium.

3. Diabetes

  • Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yangt tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengn baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

4. Kolesterol

  • Kolesterol adalah zat berlilin yang ditemukan pada lemak (lipid) darah. Kolesterol penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, asam empedu, dan berbagai hormon tertentu. Namun memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyekit jantung. Kolesterol tidak dapat larut pada darah dan harus melalui aliran darah dengan pengangkut yang disebut lipoprotein.

5. Rokok dan Alkohol

  • Kebanyakan merokok dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar alkohol yang tinggi. Kurangnya aktivitas olahraga.

6. Kurangnya Aktivitas Olahraga

  • Kurangnya aktivitas olahraga akan membuat tubuh akan merasa tidak nyaman dan akan mudah terserang penyakit, salah satunya yaitu stroke, dan penyakit lainnya.

Nah, sekarang Anda sudah tau kan gejala-gejala yang dapat mengundang penyakit stroke? Maka dari itu ayo jaga kesehatan Anda mulai dari sekarang.

Insan medika persada yang melayani Home care, caregriver, babby siter, dll. Dapat membantu Anda untuk menemukan solusi perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *